Hubungan Kecerdasan Emosi Dan Kesiapan Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Microteaching Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sulawesi Barat

Nenny Indrawati(1*), Nurmiati Nurmiati(2),

(1) Universitas Sulawesi Barat
(2) Universitas Sulawesi Barat
(*) Corresponding Author



Abstract


Kecerdasan emosi dan kesiapan belajar merupakan bagian dari ranah afektif yang tidak dapat lepas dalam proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk menganalisis hubungan kecerdasan emosi dengan prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika semester VIII pada mata kuliah Microteaching di Universitas Sulawesi Barat, menganalisis hubungan kesiapan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika semester VIII pada mata kuliah Microteaching di Universitas Sulawesi Barat, dan menganalisis hubungan kecerdasan emosi dan kesiapan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika semester VIII pada mata kuliah Microteaching di Universitas Sulawesi Barat. Metode yang digunakan adalah Metode penelitian korelasi dengan observational analitik dengan pendekatan cross sectional. Objek dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan matematika semester VIII berjumlah 31 orang. Teknik analisis data dari penelitian ini adalah analisis korelasi sederhana, analisis korelasi berganda, dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosi dan prestasi belajar sebesar 0,594, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kesiapan belajar dan prestasi belajar sebesar 0,526, dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosi, kesiapan belajar dan prestasi belajar sebesar 0,595. Persamaan regresi yang terbentuk adalah Y = 37,013 + 0,578 X1 + 0,11X2.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosi, Kesiapan Belajar, Prestasi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 190 times | PDF view : 143 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.