EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TIPE PAIRED STORYTELLING DALAM KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SMAN 11 MAKASSAR

Nurming Saleh(1*),

(1) Fakultas Bahasa dan Sastra UNM
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan memeroleh data dan informasi mengenai efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe paired storytelling dalam keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa SMA Negeri 11 Makassar. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Pengumpulan datanya melalui tes keterampilan berbicara. Data dianalisis dengan uji-t. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar yang terdiri atas enam kelas berjumlah 197 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel purpossif (Purpossive Sampling). Jumlah sampel adalah 58 siswa. XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan XI IPA 5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 siswa Hasil analisis data menunjukkan t-hitung (3,80) > t-table (2,003) pada taraf alpha 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe Paired Storytelling efektif dalam keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 448 times | PDF view : 774 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.