PEMETAAN POTENSI EKONOMI SEKTORAL PEREKONOMIAN PROVINSI SULAWESI SELATAN

Andi Samsir(1*), Abdul Rahman(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Islam Negeri Alauddin
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi masing-masing sektor ekonomi di Provinsi Sulawesi Selatan dan mengetahui tingkat potensi sektor ekonomi yang dapat menunjang pengembangan ekonomi di Provinsi Sulawesi Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ekonomi makro regional yang berbasis angka-angka, yang sifatnya penelitian yaitu verifikatif-kuantitatif, yaitu menggunakan formula-formula ekonomi regional terhadap data makro regionalProvinsi Sulawesi Selatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini lebih banyak ditekankan pada penelitian data sekunder, berupa data Produk Domestik Regional Bruto(PDRB) Provinsi Sulawesi Selatan dan data Produk Domestik Bruto(PDRB) Indonesia untuk periode tahun 2010-2015. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis Tipologi Klassen dan analisis Overlay.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasektor informasi dan komunikasi; sektor jasa pendidikan; dan sektor jasa kegiatan dan kegiatan sosial merupakan sektor yang unggul di Provinsi Sulawesi Selatan. Selanjutnya Sektor pertambangan dan penggalian, sektor industri pengolahan, sektor pengadaan listrik dan gas, sektor perdagangan besar, eceran reparasi
mobil dan sepeda motor, sektor transportasi dan pergudangan, sektor akomodasi dan makan minum, sektor jasa keuangan dan asuransi, dan sektor jasa lainnyamerupakan sektor yang potensial yang masih dapat berkembang dengan pesat atau sektor yang sedang booming. Sedangkan sektor jasa perusahaanadalah sektor yang memiliki tingkat potensi yang dapat menunjang pengembangan ekonomi di Provinsi Sulawesi Selatan.

Kata kunci: Tipologi Klassen, Overlay, Booming

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 985 times | PDF view : 218 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.