PENGARUH VOLUME DAN SALURAN PEMASARAN TERHADAP MARGIN PEMASARAN TELUR IKAN TERBANG SEGAR

Abdul Rahim(1*), Aco Saparuddin Pernyata(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Rantai pemasaran telur ikan terbang yang panjang menyebabkan margin pemasaran menjadi besar sehingga
pemasaran tidak efisien atau mekanisme pasar yang bersaing tidak sempurna. Penelitian yang dilakukan di wilayah pesisir
pantai Barat Kecamatan Kalmas Kabupaten Pangkep bertujuan menganalisis pengaruh volume dan saluran pemasaran
terhadap margin pemasaran telur ikan terbang segar. Penelitian ini bersumber dari data primer dengan menggunakan data
berdasarkan dimensi waktu, yaitu cross-section Tahun 2016 dengan responden sebanyak 124 nelayan telur ikan terbang di
Kabupaten Pangkep yang pilih dilakukan secara Sensus, sedangkan perantara 29 (pedagang pengumpul dan pengecer) dengan
snowball sampling. Metode analisis yang digunakan estimasi dengan persamaan regresi non linear. Hasil penelitian menemukan
bahwa distribusi saluran pemasaran telur ikan terbang segar di Kabupaten Pangkep terdiri dari 3 (tiga) saluran pemasaran
dengan 3 (dua) lembaga pemasaran, yaitu pengecer, pengumpul, pedagang besar pengecer sehingga pemasarannya tidak
efisien. Selanjutnya margin pemasaran telur ikan terbang dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh volume pemasaran dan
saluran pemasaran I dan II.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 339 times | PDF view : 267 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.