Pembelajaran Teks Eksemplung Materi Cerpen di SMP

Hajrah Hajrah(1*), Suarni Syam Saguni(2), Abdul Aziz(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pemodelan teks eksemplung materi cerpen; (2) mendeskripsikan pemodelan teks eksemplung materi cerpen setelah penggunaan model pembelajaran Moody; (3) mendeskripsikan tingkat keefektivan penerapan model Moody dalam pembelajaran pemodelan teks eksemplung materi cerpen. Desain yang digunakan adalah desain penelitian yang bersifat eksperimen semu. Populasi adalah ssiswa kelas IX.3 dengan sampel sebanyak 20 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan cara cluster sampling. Teknik yang digunakan yaitu pretes dan postes. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemodelan teks eksemplung materi cerpen sebelum menggunakan Model Moody dikategorikan rendah, (2) Pemodelan teks eksemplung materi cerpen dengan menggunakan Model Moody dikategorikan tinggi; (3) Model Moody efektif diterapkan dalam pembelajaran pemodelan teks eksemplung materi cerpen dengan nilai thitung > ttabel atau 11,88 > 2,0414 pada taraf signifikan 0,05. Sesuai hasil penelitian ini diajukan saran: (1) Hendaknya pembelajaran bahasa dan menulis Indonesia khususnya pembelajaran teks eksemplung materi cerpen lebih ditingkatkan dengan selalu memberikan pelatihan kepada siswa dalam pemodelan teks eksemplung materi cerpen; (2) Guru hendaknya menggunakan metode pembelajaran yang inovatif dan bervariasi dalam pembelajaran pemodelan teks eksemplung materi cerpen; (3) Siswa hendaknya lebih giat berlatih pemodelan teks eksemplung materi cerpen sehingga kemampuannya dapat lebih meningkat.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 196 times | PDF view : 73 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.