Model Struktural dalam Menilai Antar-Hubungan antara Faktor Internal dan Faktor Eksternal terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Makassar

Andi Syukriani(1*),

(1) STKIP Yayasan Pembangunan Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat217502013

Abstract


DOWNLOAD PDF

Masalah  utama  yang  diperhatikan  dalam  penelitian  ini,  adalah  bagaimana  antar-hubungan faktor  internal  (konsep  diri  matematika  dan  minat  belajar  matematika)  dan faktor  eksternal  (pola  asuh  orang  tua  dan  fasilitas  belajar)  terhadap  prestasi  belajar matematika siswa  kelas  X  SMA  Negeri  di  kota  Makassar. Populasi  dalam  penelitian  ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri di kota Makassar. Data dikumpulkan melalui 348 sampel  yang  terpilih  dengan  teknik  sampling  rambang  berstrata  (Stratified  random sampling), dengan  menggunakan  skala  penilaian  pola  asuh  demokratis,  fasilitas  belajar, konsep diri matematika, dan minat belajar matematika serta tes prestasi belajar matematika yang  terstruktur  sebagai  instrumen  penelitian.  Prosedur  analisis  data  dimulai  dengan  uji validasi  dan  reliabilitas  instrumen  melalui  analisis  faktor  konfirmatori,  diikuti  dengan verifikasi model untuk memperoleh model struktural tahap final. Terakhir, analisis mediasi variabel  intervening  dilakukan  terhadap  model  struktural  tahap  final.Hasil  penelitian memberikan gambaran bahwa konsep diri matematika siswa kelas X SMA Negeri di Kota Makassar  berada  pada  kategori  sedang  dengan  rata-rata  26,17  sedangkan  minat  belajar matematika  siswa  kelas  X  SMA  Negeri  di  Kota  Makassar  berada  pada  kategori  tinggi dengan  rata-rata  47,34.  Kemudian  pola  asuh  demokratis  siswa  kelas  X  SMA  Negeri  di Kota Makassar berada pada kategori baik dengan rata-rata 53,58 sedangkan fasilitas belajar siswa kelas X SMA Negeri di Kota Makassar berada pada kategori sangat lengkap. Prestasi belajar  matematika  siswa  kelas  X  SMA  Negeri  di  Kota  Makassar  berada  pada  kategori kurang dengan rata-rata 3,98. Hasil penelitian juga memberikan dukungan terhadap usulan model  aplikatif  yang  menggambarkan  antar-hubungan  faktor  internal  dan  eksternal  dalam menjelaskan prestasi belajar matematika siswa.

Kata kunci:   Minat belajar, konsep diri, prestasi belajar matematika


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 536 times | PDF view : 203 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)