Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Tepadu Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Tabulahan Kab. Mamasa
(1) STKIP Pembangunan Indonesia, Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat5232412016
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks pada materi sistem pernapasan. Pengumpulan data yang dilakukan dengan jumlah subjek 21 siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 tabulahan dengan menggunakan angket untuk mengukur motivasi belajar siswa, dan untuk mengukur hasil belajar dengan menggunakan tes hasil belajar siswa pada setiap ahir siklus. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA Terpadu pada siklus I 73% dan meningkat pada siklus II menjadi 85,50%, sedangkan untuk hasil belajar siswa, siklus I sebanyak 10 orang dengan kategori kurang atau dengan persentase 47,60% dan pada siklus II sebanyak 19 orang dengan kategori sangat tinggi atau dengan persentase 90,08%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks, Hasil Belajar dan Motivasi Belajar.
ABSTRACT
This study is a classroom action research that aims to increase motivation and biology learning outcomes by applying cooperative learning model of pair checks type on the respiratory system. The data were collected from 21 students of class VIIIA SMP Negeri 1 Tabulahan by using questionnaires to measure student's learning motivation, and learning outcomes test to measure learning outcomes of the students at each end of the cycle. Study result showed that there is improvement of student's learning motivation in Integrated IPA subject. In cycle I learning motivation of students is 73% and increase in cycle II become 85,50%. While for student learning outcomes in cycle I there are 10 people with less category or with percentage 47 , 60% and in cycle II there are 19 people with very high category or with percentage 90,08%. From this study it can be concluded that there is an increase in motivation and student learning outcomes with the application of cooperative learning model of pair checks type. Key words: Cooperative Learning Model of Pair Checks Type, Motivation, and Learning OutcomesFull Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1236 times | PDF view : 1748 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Fandi Ahmad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.