Pemilihan dan Penggunaan Media dalam Pembelajaran IPA Siswa Tunarungu Kelas XI Di Kabupaten Sukoharjo

Dieni Laylatul Zakia(1*), Sunardi Sunardi(2), Sri Yamtinah(3),

(1) Pascasarjana S2 Program Studi PLB, Universitas Sebelas Maret
(2) Pascasarjana S2 Program Studi PLB, Universitas Sebelas Maret
(3) Pascasarjana S2 Program Studi PLB, Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat5130452016

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemilihan dan penggunaan media dalam pembelajaran IPA siswa tunarungu Kelas XI di Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan penelitian deksriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah guru, siswa dan Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dokumentasi dan observasi. Lokasi penelitian di SLB Kabupaten Sukoharjo, yang meliputi SLB ABCD YSD Polokarto, SLB B-C Hamongputro Jombor, SLB B-C YPALB Langenharjo dan SLB ABC Tawangsari. Data hasil penelitian dianalisis melalui reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Kesimpulan disajikan dalam bentuk teks naratif berupa catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan kurangnya ketersediaan media pembelajaran IPA di sekolah yang dapat guru pilih untuk mengajar IPA bagi anak tunarungu. Dalam penelitian ini juga menemukan minimnya frekuensi penggunaan media pembelajaran IPA yang tersedia selama pembelajaran IPA. Ditemukan juga guru-guru lebih banyak menggunakan media pembelajaran gambar dalam pembelajaran IPA di kelas.

Kata kunci: pemilihan, penggunaan, media pembelajaran, IPA, anak tunarungu.

ABSTRACT

This study aimed to describe the selection and use of media in science teaching deaf students of Class XI in Sukoharjo, Central Java Province. This study used a qualitative descriptive study. Subject of research data is a teacher, the students and the principal. The technique of collecting data using questionnaires, interviews, documentation and observation. SLB research sites in Sukoharjo district, which includes SLB ABCD YSD Polokarto, SLB B-C Hamongputro Jombor, SLB B-C YPALB Langenharjo and SLB ABC Tawangsari. The data were analyzed through data reduction, data display and draw conclusions. Conclusions are presented in the form of a narrative text form field notes. The results showed a lack of availability of media science teaching in schools can choose to teach science teacher of deaf children. In this study also found the lack of frequency of use of science learning media provided for learning science. It was also found more teachers use instructional media images in science learning in the classroom. Key words: selection, use, media, science, children with hearing impairment.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1073 times | PDF view : 1962 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 SAINSMAT

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.