Pengaruh Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas VIII SMP Negeri 2 Bulukumba

Inayah Saleh Husnul, B Nurhayati, Oslan Jumadi

Abstract


Penelitian merupakan eksperimen semu, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media alat peraga pada materi sistem peredaran darah kelas VIII SMP Negeri 2 Bulukumba. Hasil analisis sttistik menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar untuk siswa kelompok eksperimen sebesar 79,3 dan kelompok kontrol sebersar 69,6, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media alat peraga terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah kelas VIII SMP Negeri 2 Bulukumba.

Kata kunci:  Media Alat Peraga, Hasil Belajar, Sistem Peredaran Darah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.35580/sainsmat4112802015

Article Metrics

Abstract view : 1137 times | PDF view : 1267 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 SAINSMAT