STRATEGI ASESMEN YANG OBJEKTIF DAN BERKEADILAN DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN PADA SMK

Syahrul Syahrul(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.2685/homeec.v10i1%20NOV.303

Abstract


Untuk mengetahui berhasil tidaknya suatu pembelajaran perlu dilakukan kegiatan asesmen (penilaian) dan sebaliknya hasil-hasil asesmen dapat digunakan untuk merancang proses pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa. Suatu proses pembelajaran yang baik harus diikuti dengan teknik asesmen yang tepat pula. Implikasi dari telah bergesernya paradigma pembelajaran dari yang berpusat pada guru menuju kepada aktivitas kelas yang berpusat pada siswa, maka dalam kegiatan asesmen pun hendaknya dapat melibatkan siswa. Strategi asesmen yang melibatkan siswa yang  kemudian dipadukan dengan asesmen yang dilakukan oleh guru maka akan diperoleh hasil asesmen yang objektif dan berkeadilan bagi siswa. Dengan keterlibatan siswa dalam proses asesmen maka dapat meningkatkan keredibilitas dan akuntabilitas hasil penilaian, dan dapat mencegah ketidaktepatan keputusan didaktik oleh guru, baik dalam perencanaan, proses, maupun hasil pembelajaran (kompetensi) siswa. Dalam kaitan ini, salah satu model asesmen yang melibatkan siswa adalah asesmen teman sejawat (peer assessment). Penggunaan asesmen teman sejawat dapat meningkatkan validitas, konsistensi dan keajegan keputusan didaktis dan penetapan nilai akhir siswa dalam aktivitas pembelajaran. Bagi siswa SMK, selain menumbuhkan kepuasan terhadap hasil asesmen, keterlibatan mereka dalam kegiatan asesmen juga dapat meningkatkan prestasi akademik, menciptakan kemampuan melakukan hubungan sosial dan kerjasama yang lebih baik, menanamkan kejujuran, dan mampu mengembangkan saling percaya di antara sesama individu maupun kelompok.

 

Keywords: Strategi, Asesmen. Objektif. Berkeadilan. Pembelajaran, SMK


Article Metrics

Abstract view : 3499 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Penerbit:
Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.
Alamat redaksi : Jurusan PKK Fakultas Teknik Kampus UNM, Parangtambung Makassar 90224

 Crossref logodimensions.png