PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS V SDN KAKATUA KECAMATAN MARISOKOTA MAKASSAR

Hamzah Pagarra(1*),

(1) Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2276

Abstract


Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas Va. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem solving pada siswa kelas V SDN Kakatua Makassar. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar  matematika melalui model pembelajaran problem solving pada siswa kelas V SDN Kakatua Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaranproblem solving dan hasil belajar.Setting penelitian ini adalah SDN Kakatua Makassar, yang bertempat di Jalan Kakatua Kecamatan Mariso Kota Makassar. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V dengan jumlah siswa 28 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif.Hasil penelitian menunjukkanpada siklus I aktivitas mengajar guru berada pada kategori cukup mengalami peningkatan di siklus II menjadi kategori baik.Demikian pula aktivitas belajar siswa pada sisklus I berada pada kategori cukup mengalami peningkatan di siklus II menjadi kategori baik.Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa.Pada siklus I belum berhasil mencapai ketuntasan klasikal yang telah ditentukan dan berada pada kategori cukup.Pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat, hal itu dilihat dari nilai rata-rata yang mengalami peningkatan dan berada pada kategoribaik.Kesimpulan penelitian ini yaitu Model Pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kakatua Kecamatan Mariso Kota Makassar.

Kata Kunci: Problem Solving, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1180 times | PDF view : 110 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Hamzah Pagarra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by