PENERAPAN STRATEGI SCAFFOLDING PADA PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DI SMK KARTIKA WIRABUANA 1
(1) Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2274
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa terhadap penerapan strategi scaffolding pada pembelajaran pemrograman web siswa kelas 10 TKJ (Teknik Komputer Jaringan) SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Kartika Wirabuana 1. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimental dalam bentuk pretest posttest design dengan jumlah populasi 74 orang dan seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Data diperoleh dengan teknik angket dan tes. Uji instrumen menggunakan uji validitas dengan korelasi Product Moment Pearson dan reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap penerapan strategi scaffolding dalam pembelajaran berada pada kategori baik. Penerapan strategi scaffolding dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman web di Jurusan TKJ SMK Kartika Wirabuana 1. Hal ini ditunjukkan oleh perbandingan rata-rata hasil posttest yang lebih tinggi daripada rata-rata hasil pretest dengan rentangan perbedaan yang cukup tinggi.
Kata Kunci : Strategi Scaffolding, Pemrograman Web
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 657 times | PDF view : 132 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Udin Sidik Sidin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by