KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GRUP INVESTIGASI DAN STAD PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI SEKOLAH DASAR

Herniwati Wahid(1*),

(1) Program Studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v5i3.1615

Abstract


Model-model pembelajaran tidak semua sudah diterapkan di kelas. Seorang guru harus mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan memperhatikan keadaan atau kondisi siswa. Banyak model kooperatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS tetapi harus dicari model yang efektif. Masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimanakah hasil proses pembelajaran IPS siswa, bagaimanakah hasil analisis deskriptif model, dan bagaimana keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Grup Investigasi dibandingkan tipe STAD mata pelajaran IPS materi perkembangan teknologi yang diterapkan pada siswa sekolah  SSN dan RSSN?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan memberikan opic diskriptif untuk mengetahui gambaran selama proses pembelajaranmenggunakan cara Randomized Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive random samplingmenggunakan 2 kelas eksperimen dan 2 kelas opic diambil dari 91 SD sebagai sampel yang ada di Kota Parepare. Intrumen penelitian, lembar observasi afektif dan psikomotorik, angket respons dan tes hasil pre-test dan post-test kognitif. Analisis data secara deskriptif, Uji keektifandan Uji perbedaan  menggunakan Uji-t anava dua jalan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pembelajaran.hasil penelitian padapelaksanaan pembelajaran di sekolah SSN dan RSSN, Siswa berinteraksi opic kelompok dalam bentuk diskusi yang pada akhirnya menghasilkan suatu kesimpulan. Siswa melakukan investigasi terhadap suatu opic secara sistematis dan analitik. Hal ini mempunyai implikasi yang positif terhadap pengembangan keterampilan penemuan dan membentu mencapai tujuan. 

Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, Model group investigation, Hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 284 times | PDF view : 356 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2015 Herniwati Wahid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by