PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGASI BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD SEMESTER III UPP MAKASSAR FIP UNM
(1) UPP PGSD Makassar Fakultas Ilmu Pendidikan UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v3i1.1601
Abstract
Masalah dalam penelitian ini menyorot tentang apakah pembelajaran kooperatif model group investigation dapat meningkatkan keterampilan menyusun konsep / pengetahuan evaluasi hasil belajar bagi mahasiswa Prodi PGSD semester III UPP Makassar FIP UNM? Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model group investigation dapat meningkatkan keterampilan menyusun konsep / pengetahuan evaluasi hasil belajar bagi mahasiswa Prodi PGSD semester III UPP Makassar FIP UNM. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas, model desain penelitian Kemmis berdasarkan siklus-siklus. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi PGSD semester III UPP Makassar FIP UNM yang memprogram Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran di SD pada semester ganjil tahun ajaran 2009/2010. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif model group investigasi dapat meningkatkan keterampilan menyusun konsep / pengetahuan evaluasi hasil belajar bagi mahasiswa Prodi PGSD semester III UPP Makassar FIP UNM.
Kata kunci: pembelajaran kooperatif, model group investigasi.Full Text:
UntitledArticle Metrics
Abstract view : 189 times | Untitled view : 607 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2013 Hamzah Pagarra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan
ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by