PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MERANGSANG MINAT MAHASISWA TERHADAP MATA KULIAH SENI TARI

Sayidiman Sayidiman(1*),

(1) Kampus V UNM UPP PGSD Parepare
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v2i1.1583

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui prosedur penggunaan media audio visual dalam meningkatkan minat mahasiswa PGSD FIP UNM UPP Parepare dalam mata kuliah Studio Seni Tari, dan untuk mengetahui peningkatan minat mahasiswa PGSD FIP UNM UPP Parepare dalam mata kuliah Studio Seni Tari melalui penggunaan media audio visual.

Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi melalui lembar observasi dan hasil test akhir mahasiswa setelah melalui tahapan pretest, treatment dan posttest. Dari hasil analisis data didapatkan Berdasarkan hasil penelitian maka didapatkan data hasil pelaksanaan pretest berdasarkan pengamatan didapatkan bahwa sebagaian besar mahasiswa sangat canggung dalam memperagakan beberapa ragam tari bahkan kebanyakan dari mereka tidak mampu sama sekali memperagakan ragam tari yang diinstruksikan. Setelah pelaksanaan pretest dilanjutkan dengan treatment dengan menyiapkan beberapa perangkat pembelajaran diantaranya penyediaan alat untuk penggunaan  media audio visual yang dalam hal ini menggunakan laptop sebagai alat pemutar media dan seperangkat loudspeaker untuk memperdengarkan audio yang selanjutnya dihubungkan kelayar menggunakan LCD adalah hal yang pertama dilakukan dalam pelaksanaan penelitian ini.Tahap terakhir dari pelaksanaan penelitian ini adalah melakukan posttest untuk mengetahui perbedaan hasil dari pelaksanaan pretest dan treatmen. Berdasarkan lembar pengamatan yang terbagi dalam beberapa kategori penilaian tentang pemahaman mahasiswa terhadap beberapa ragam tari dan peningkatan minat mahasiswa terhadap mata kuliah ini. Pelaksanaan posttest dilakukan secara berkelompok namun penilaian mahasiswa dilakukan secara individu, dan didapatkan bahwa 90 % mahasiswa mampu mempergakan ragam tari yang telah ditontonnya dan selanjutnya bahkan secara berkelompok mahasiswa mampu membuat ragam tari sendiri yang mengarah pada ranah penciptaan tari secara sederhana. Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan Penggunaan media audio visual secara sistematis dengan langkah-langkah yang telah disusun dengan berbagai persiapan dapat meningkatkan kemampuan dan minat mahasiswa terhadap mata kuliah studio seni tari dan Hasil pelaksanaan penggunaan media audio visual dalam meningkatkan minat dan kemampuan mahasiswa dianggap telah berhasil berdasarkan hasil observasi dalam posttest.

 Kata kunci : Media, Seni, Tari


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 706 times | PDF view : 2648 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2012 Sayidiman Sayidiman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan

ISSN 2548-6721 (online), ISSN 2088-2092 (print)
Email: publikan@unm.ac.id

Free counters!

 Creative Commons License
Publikasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publikasi Pendidikan : Jurnal Pemikiran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Bidang Pendidikan Indexed by