PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WATAMPONE
(1) SMP Negeri 1 Watampone
(2) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(3) Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v5i1.3281
Abstract
Penelitian ini adalah jenis penelitian pre-eksperimen, perlakuan diberikan pada satu kelompok eksperimen tanpa kelompok kontrol. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap motivasi dan hasil belajar IPA Biologi. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest desain. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Watampone berjumlah 338 siswa terdiri dari 13 rombel. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT meningkatkan motivasi belajar IPA Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Watampone (2) Hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Watampone mengalami peningkatan melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT (3) penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar IPA Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Watampone (4) penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Watampone.
Kata Kunci: motivasi belajar, Hasil belajar, Numbered Head Together
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 590 times | PDF view : 722 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Asnaeni Rauf, Yusminah Hala, A. Mushawwir Taiyeb
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License .