STRATEGI METODE PENGAJARAN AUTENTIK DALAM MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR ANTROPOLOGI PADA SISWA KELAS XI BAHASA 1 SMA NEGERI 1 BISSAPU KABUPATEN BANTAENG TAHUN AJARAN 2011/2012

Hasan Hasan(1*), Manan Saelan(2),

(1) Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(2) Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jnp.v5i1.3271

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa 1 SMA Negeri 1 Bissapu tahun ajaran 2011/2012. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (a) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar Antropologi dengan diterapkannya metode pengajaran autentik pada siswa Kelas XI Bahasa 1 SMA Negeri 1 Bissapu tahunajaran 2011/2012 (b) Bagaimanakah pengaruh metode pengajaran autentik terhadap motivasi belajar Pengetahuan Sosial pada siswa kelas XI Bahasa 1 SMA Negeri 1 Bissapu tahun ajaran 2011/2012.Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (68%), siklus II (79%), siklus III (89%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pengajaran autentik dapat berpengaruh positif terhadap hasil dan motivasi belajar siswa kelas XI Bahasa 1 serta metode pengajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran pengetahuan sosial.

Kata kunci: Metode pengajaran autentik, Penelitian tindakan kelas, Hasil belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 159 times | PDF view : 101 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Hasan Hasan, Manan Saelan

Lisensi Creative Commons
This work is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License


Analisis Web Menjadi Mudah - StatCounter

Check out my statistics