HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN TATA BAHASA JERMAN DENGAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPTIF SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PALOPO
(1) universitas negeri makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4406
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Clamer, F & Heilman, E.G. 2002.Deutsch als Fremdsprache (Übungsgrammatik für die Grundstufe). Germany-Dartmann: Verlag Liebaug.
Dalman. 2015. Keterampilan Menulis, Cetakan Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers.
Damayanti, Rini. 2015.Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Surabaya.
Destari, Pramita. 2013. Kontribusi Penguasaan Struktur Kalimat dan Kosa Kata Terhadap Kemampuan Menulis Baha Jerman Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 3 Palangkaraya. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Djiwandono, M. Soenardi. 2008. Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa.Jakarta. PT Indeks.
Enre, Fachrudin Ambo. 1988. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Jakarta: Depdikbud.
Fitriani, Lia. 2014. Kontribusi Penguasaan Gramatika Bahasa Jerman Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri Sedayu Bantul. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Komaidi, Didik. 2007. Aku Bisa Menulis. Yogyakarta: Sabda Media.
Mantasiah, R. 2016. Kohesi Dalam Wacana Buku Kontakte Deutsch: Suatu Kajian Analisis Wacana (Cohesion in Discourses of Kontakte Deutsch Book: a Study of Discourse Analysis). SAWERIGADING, 15(3), 336-348.
Mulyati, Sri. 2015. Pengaruh Penguasaan Kosakata, Penguasaan Gramatik dan Kecerdasan Emosional terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Imogiri Bantul. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Nurmiati, N., & Mantasiah, R. 2017. Keefektifan Penggunaan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer-Teaching) Dalam Kemampuan Membaca Memahami Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(1).
Pringgawidagda, Suwarna. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta : Adicita Karya Nusa.
Rahman, Niaryanti. 2015. Hubungan Antara Penguasaan Gramatik Dengan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Skripsi pada Jurusan Pendidikan Bahasa Jerman UNM: tidak diterbitkan.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Djago. 2014. Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangannya. Bandung: Angkasa Bandung.
Tarigan, H.G. 2013.Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Wiyanto, Asul. 2004. Menulis Paragraf. Jakarta: Gramedia
Article Metrics
Abstract view : 961 times | PDF view : 197 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Eralingua has been indexed by: