Analisis Kadar Timbal (Pb) pada Akar Api-Api Putih (A. alba B.) di Saluran Pembuangan Jongaya Jalan Metro Tanjung Bunga Kota Makassar.

Sudding .(1*), Sumiati Side(2), Akhwani M.Dewi(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(3) Alumni Jurusan Kimia FMIPA UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v13i2.623

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui kadar timbal (Pb) yang terakumulasi pada tumbuhan api-api putih (Avicennia alba Blume). Sampel diambil dari tiga lokasi yang berbeda disekitar Saluran Pembuangan (Kanal) Jongaya di Jalan Metro Tanjung Bunga Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode destruksi menggunakan HNO3 65 %. Kandungan Pb yang terdapat di dalam sampel dianalisis  menggunakan Spektroskopi Serapan Atom (SSA) di Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar Pb rata-rata di air dan akar pohon api-api dari lokasi A yang berada pada pertemuan kanal pasar senggol dengan saluran pembuangan Jongaya diperoleh sebesar 0,003 ppm dan 0,43 ppm, lokasi B yang berada di sekitar jembatan yang ada di jalan Metro Tanjung Bunga sebesar 0,15 ppm dan 0,50 ppm, sedangkan pada lokasi C yang berada di muara saluran pembuangan Jongaya sebesar 0 ppm dan 0,45 ppm. Kadar Pb tertinggi berada pada lokasi di sekitar jembatan (lokasi B) yang disebabkan oleh banyaknya kegiatan masyarakat pada bidang industri, perikanan dan transportasi.

Kata kunci: Mangrove, A. alba, Timbal (Pb)

 

ABSTRACT

This study is an experimental research that aims to determine lead (Pb) concentration which accumulate in Api-Api Putih (Avicennia alba Blume). Sample was taken from the three different locations arround Jongaya drainage on Metro Street Tanjung Bunga Makassar. This study uses destruction method with HNO3 65 %. The concentration of Pb in samples were analyzed by using Atomic Absorption Spectroscopy (AAS) at Department of Health Laboratory Makassar. The results show the average of Pb concentration in water an api-api putih roots from A location where is confluence of Senggol market canal with Jongaya drainage obtained at 0.003 ppm and 0.43 ppm from B location where is arround the bridge on Metro Street Tanjung Bunga obtained at 0.15 ppm and 0.50 ppm, while at C location where is estuary of Jongaya drainage obtained at 0 ppm and 0.45 ppm. The highest Pb content is at arround the bridge (B location) caused by a number of community activities in industry, fishery, and transportation.

Keywords: Mangrove, A. Alba, Timbal (Pb)


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 456 times | PDF view : 114 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id