Pengembangan Perangkat Alat Evaluasi Berbasis Aktivitas untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dalam Praktikum Kimia Dasar

Tinggi Banggali(1*), Melati Masri(2), Munir Tanrere(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(3) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v12i2.504

Abstract


Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan ujuan untuk mengetahui bentuk atau format perangkat penilaian bBerbasis aktivitas dalam Praktikum Kimia Dasar yang dapat meningkatkan keterampilan proses eksperimen kimia bagi mahasiswa. Data melalui wawancara mendalam dengan dosen pengasuh mata kuliah Kimia Dasar dan beberapa mahasiswa yang telah mengikuti praktikum Kimia Dasar. Tahap Perencanaan penyusunan prototipe alat evaluasi kegiatan laboratorium yang terdiri dari format penilaian pralab, format penilaian kegiatan praktikum, dan format penilaian laporan praktikum. Tahap Pengembangan; data mengenai alat evaluasi yang dikembangkan dikumpulkan berdasarkan instrumen evaluasi produk oleh 4 validator. Tahap Implementasi; data pada implementasi dikumpulkan berdasarkan  wawancara dengan dosen pengasuh mata kuliah dan praktikum Kimia Dasar, serta asisten pengawas dalam pelaksanaan praktikum Kimia Dasar.  Hasil penelitian adalah  produk format penilaian kegiatan laboratorium yang terdiri dari (1) Format penilaian pralab, (2) format penilaian kegiatan praktikum, dan (3) format penilaian laporan praktikum. Ketiga format tersebut dapat digunakan dengan baik oleh dosen/asisten laboratorium, praktikum menjadi seragam antara dosen/asisten yang satu dengan yang lainnya, mahasiswa menjadi lebih termotivasi dan mempersiapkan diri mengikuti kegiatan laboratorium dan keterampilan proses mahasiswa akan lebih meningkat.

Kata kunci: Pengembangan, alat evaluasi laboratorium, keterampilan proses

ABSTRACT

This is development research to determine the format sssessment based activity in basic chemistry practical subject that can improve the skills proces of experimental of students. Data collec interviews with lecturer and some students who have attended basic bhemistry lab. Planning stage preparation laboratory evaluation of a prototype tool that consists of pralab assessment format, the format of assessment lab activities, lab reports and assessment format. Stage of development; data on the evaluation tool was developed based on the products evaluation instrument collected by four validator. Implementation Phase: data were collected by interviews with lecturer, students and assistant of Basic Chemistry lab. The results as assessment format which consists of laboratory activities (1) Format pralab assessment, (2) assessment format lab activities, and (3) assessment format lab report. All three formats can be used well by the lecturer/lab assistant, lab work to be uniform between the lecturer/assistant to one another, students become more motivated and prepared to follow the activities of the lab and students process skills will be increased.

Keyword: Development, evaluation tools of laboratory activities, process skill.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1388 times | PDF view : 861 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id