Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Contekstual Teaching And Learning pada Materi Pokok Laju Reaksi

Taty Sulastry(1*), Jusniar .(2),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v12i2.502

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan perangkap pembelajaran yang dirancang dengan model Akker yang terdiri tahap analisis pendahuluan, merancang, mengevaluasi dan merevisi sampai tujuan yang diinginkan. Perangkat  pembelajaran yang dikembangkan   berupa  RPP, LKS dan penuntun praktikum pada materi pokok  laju reaksi. Hasil rancangan divalidasi oleh ahli  mengenai: 1) kesesuaian konsep-konsep  yang dikontekstualkan dalam model dengan kompetensi dasar dan indikator yang ingin dicapai, 2) siswa memahami hubungan  antara  konsep dengan dunia nyata, 3) kemudahan dalam penggunaan bahasa, 4) kejelasana langkah-langkah  dalam perangkat pembelajaran, 5) kesesuaian antara alat evaluasi dengan indikator. Hasil validasi ahli  dinyatakan valid untuk digunakan. Uji  coba  terbatas terhadap perangkat  pembelajaran dilakukan  pada  siswa  SMA dalam hal usability (keterpakaian). Data hasil penelitian dianalisis deskriptif kualitatif menunjukkan keefektifan cukup besar  yaitu 71,88% siswa yang tuntas dalam pembelajaran. Persepsi  siswa dan guru terhadap perangkat pembelajaran merespon positif penerapan  model pembelajaran CTL

Kata Kunci: perangkat  pembelajaran CTL

ABSTRACT

This study was the development of learning materials designed by Akker model wich consist preliminary stage of analysis, design, evaluate and revise until the desired goal. Learning materials that was developed in the form of lesson plans, worksheets and practical guidance on the subject matter the reaction rate. The results are validated by experts on the design: 1) the suitability of the concepts are contextualized in a model with basic competencies and indicators to be achieved, 2) students understand the relationship between the concept of the real world, 3) ease of use of language, 4) kejelasana measures in the study, 5) the suitability of an evaluation tool with indicators. The results of the expert validation is valid for use. The trial is limited to the study conducted on high school students in terms of usability (keterpakaian). Data were analyzed descriptive qualitative research results indicate effectiveness of 71.88% which is large enough students who completed the study. Perceptions of students and teachers responded positively to the application of CTL learning model.

Key words: learning the CTL


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 771 times | PDF view : 404 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id