Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Berbasis Contekstual Teaching And Learning pada Materi Pokok Laju Reaksi
(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v12i2.502
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan perangkap pembelajaran yang dirancang dengan model Akker yang terdiri tahap analisis pendahuluan, merancang, mengevaluasi dan merevisi sampai tujuan yang diinginkan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP, LKS dan penuntun praktikum pada materi pokok laju reaksi. Hasil rancangan divalidasi oleh ahli mengenai: 1) kesesuaian konsep-konsep yang dikontekstualkan dalam model dengan kompetensi dasar dan indikator yang ingin dicapai, 2) siswa memahami hubungan antara konsep dengan dunia nyata, 3) kemudahan dalam penggunaan bahasa, 4) kejelasana langkah-langkah dalam perangkat pembelajaran, 5) kesesuaian antara alat evaluasi dengan indikator. Hasil validasi ahli dinyatakan valid untuk digunakan. Uji coba terbatas terhadap perangkat pembelajaran dilakukan pada siswa SMA dalam hal usability (keterpakaian). Data hasil penelitian dianalisis deskriptif kualitatif menunjukkan keefektifan cukup besar yaitu 71,88% siswa yang tuntas dalam pembelajaran. Persepsi siswa dan guru terhadap perangkat pembelajaran merespon positif penerapan model pembelajaran CTL
Kata Kunci: perangkat pembelajaran CTL
ABSTRACT
This study was the development of learning materials designed by Akker model wich consist preliminary stage of analysis, design, evaluate and revise until the desired goal. Learning materials that was developed in the form of lesson plans, worksheets and practical guidance on the subject matter the reaction rate. The results are validated by experts on the design: 1) the suitability of the concepts are contextualized in a model with basic competencies and indicators to be achieved, 2) students understand the relationship between the concept of the real world, 3) ease of use of language, 4) kejelasana measures in the study, 5) the suitability of an evaluation tool with indicators. The results of the expert validation is valid for use. The trial is limited to the study conducted on high school students in terms of usability (keterpakaian). Data were analyzed descriptive qualitative research results indicate effectiveness of 71.88% which is large enough students who completed the study. Perceptions of students and teachers responded positively to the application of CTL learning model.
Key words: learning the CTL
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 771 times | PDF view : 404 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN: 2722-8649
Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.
Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id