Penguasaan Pengetahuan Deklaratif dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Prodi. Pendidikan Kimia

Tabrani Gani(1*), Army Auliah(2), Sitti Faika(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM
(3) Jurusan Kimia FMIPA UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v12i2.493

Abstract


Penguasaan pengetahuan deklaratif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan salah dua konsep kunci dalam mencapai keberhasilan dalam belajar, terutama di Perguruan Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penguasaan pengetahuan deklaratif dan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa prodi Pendidikan Kimia. Penentuan  sampel penelitian dilakukan secara purposive sampling, yaitu yang mengikuti perkuliahan Review Kurikulum. Data dikumpulkan melalui tes tertulis penguasaan pengetahuan deklaratif dan kemampuan berpikir kompleks kemudian dianalisis secara deskriptif dan infrensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa (i) penguasaan pengetahuan deklaratif hanya 65 % yang didominasi oleh penguasaan nama dan lambang unsur. (2) penguasaan nama dan lambang unsur tidak memberikan pengaruh terhadap penguasaan nama dan rumus senyawa (3) kemampuan berpikir tingkat tinggi termasuk kategori rendah hanya mencapai 12,61 persen untuk untuk soal yang lebih rumit (memerlukan 6 langkah), dan 48,65 persen untuk soal kurang rumit (memerlukan 4 langkah).

Kata kunci : pengetahuan deklaratif, berpikir tingkat tinggi, ilmu kimia.

ABSTRACT

Mastery of declarative knowledge and higher-order thinking skills are key concepts in achieving success in learning, particularly in Higher Education. This study aims to determine the extent to which mastery of declarative knowledge and higher-order thinking skills of students Chemical Education. The sample study was conducted in purposive sampling, ie attending Curriculum Review. Data were collected through a written test of declarative knowledge and higher order thinking skills and then analyzed descriptively and infrensial. The analysis showed that (1) mastery of declarative knowledge only 65 % are dominated by the mastery of the element name and symbol (2) the mastery knowledge of the name and symbol of the element does not give effect toward mastery compound name and formula (3) higher-order thinking skills is low category only reached to about 12.61 percent for the more complicated (requires 6 steps), and 48.65 percent to matter less complicated (requires 4 steps)

Keywords: declarative knowledge, higher-order thinking, chemistry.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 892 times | PDF view : 857 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id