Sintesis p-tert-butilkaliks[4]arena-tetra-n-(etilglisil)asetamida untuk Digunakan Sebagai Pengemban Ion pada Pemisahan Ion-Ion Logam Berat dengan Transpor Membran Cair

Maming .(1*), Firdaus .(2), Yusafir Hala(3),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNHAS Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNHAS Makassar
(3) Jurusan Kimia FMIPA UNHAS Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v9i2.411

Abstract


ABSTRAK

Telah dilakukan penelitian sintesis p-tert-butilkaliks[4]arena-tetra-N-(etilglisil)-asetamida untuk digunakan sebagai pengemban ion pada pemisahan ion logam berat dengan transpor membran cair. Senyawa pengemban ion tersebut disintesis dari p-t-butilkaliks[4]arena dengan N-etilglisilasetamida. Senyawa N-etilglisil-asetamida diperoleh dari hasil reaksi antara asam 2-kloroasetat dengan SOCl2 yang diteruskan dengan penambahan HCl.H-Gly-OEt. Senyawa p-t-butil-kaliks[4]arena-tetra-N-(etilglisil)asetamida berupa kristal berwarna coklat kekuningan (75%), t.l.70 ºC, larut dalam kloroform, dan tidak larut dalam air dan n-heksana.

Kata Kunci: sintesis, pengemban ion, p-t-butilkaliks[4]arena-tetra-N-(etilglisil)asetamida

ABSTRACT

Synthesis of p-tert-butylcalix[4]arene-tetra-N-(ethylglycil)acetamide which will used as ion carrier in separation heavy metal ions by liquid membrane transport has been conducted. The compound was synthesized from p-tert-butylcalix[4]arene and N-glycilacetamide. The N-glycilactamide compound was prepared by reaction of 2-cloroacetic acid with thionyl chloride followed by amidation with HCl.H-Gly-OEt. By this method it was obtained p-tert-butylcalix[4]arene-tetra-N-(ethylglycil)-acetamide compound as yellowish brown crystal (75%), m.p. 70 ºC, soluble in chloroform, and insoluble in both water and n-hexane.

Keyword: synthesis ion, p-tert-butilkaliks[4]arena-tetra-N-(etilglisil)asetamida


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 497 times | PDF view : 241 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id