Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Hiperteks pada Materi Struktur Atom dan Sistim Periodik

Army Auliah(1*), Iwan Dini(2),

(1) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(2) Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v11i1.355

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan merancang media pembelajaran berbasis hiperteks pada materi pokok Struktur Atom dan Sistim Periodik. Rancangan media yang telah dibuat divalidasi oleh tiga orang ahli dan diujicoba terbatas pada siswa kelas X1 SMAN I Bajeng. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berbasis hiperteks berupa courseware pada materi struktur atom dan Sistim Periodik dalam bentuk compact disk (CD). Hasil uji coba dan validasi courseware menunjukkan bahwa media ini valid dan sangat diminati oleh siswa.

Kata kunci: Media Pembelajaran Kimia, hiperteks, Hasil belajar

ABSTRACT

This study was development research that aimed to construct chemical instruction media based on hypertext on Structure Atom and Periodic System material. The construction of media that has been made is validated by three valuators and tried out on students’ class X1 of SMAN I Bajeng. This research produces instruction media based on hypertext as a courseware of Atomic Structure and Periodic System material in Compact Disk (CD). The try out and validation result shows that this media is valid and more interested by students.

Key words: chemistry Learning Media, Hypertext, Learning Achievement


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 979 times | PDF view : 419 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id