Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dengan Menggunakan Lembar Kerja Berstruktur dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X3 SMAN 6 Makassar pada Pokok Bahasan Kimia Karbon

Muliati Yonto(1*), Mutahharah, Rahmah(2), Rahmah .(3),

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v12i1.196

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk  mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan menggunakan lembar kerja berstruktur terhadap hasil belajar siswa kelas X3 SMA Negeri 6 Makassar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X3 tahun pelajaran 2009/2010. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive yaitu pengambilan dua kelas sampel. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dilengkapi dengan lembar observasi siswa. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar kimia siswa kelas X3 SMAN 6 Makassar setelah diadakannya pembelajaran kooperatif tipe TAI selama dua siklus yaitu siklus I  berada pada kategori rendah  dengan nilai rata-rata 50,24 dari nilai tertinggi 70,00 dan nilai terendah 40,00 dengan standar deviasi 13,69, sedangkan pada siklus II berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata 81,46 dari nilai tertinggi 100,00 dan nilai terendah 50,00 dengan standar deviasi 13,33.

Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe TAI, aktivitas belajar

ABSTRACT

This is a classroom action research, which aims to determine the effect of cooperative learning TAI type using structured worksheets on student learning achevement of X3 class SMA 6 Makassar. The population was all students in grade X3 academic year 2009/2010. Sample were two classes which is taken by purposive sampling. Data collection using the test results of study the student is equipped with observation sheets. From the research found that an increase in the X3-grade students studying chemistry SMAN 6Makassar after the holding of the type of cooperative learning for twoc ycles of TAI is the cycle I was in the low category withan average value of 50.24 from70.00 the highest value and lowest value of 40,00 with a standard deviation of 13.69, while in the second cycleis in the high category withan average value of 81.46 from the highest value of 100.00 andthe lowest value of 50.00 with a standard deviation of 13.33.

Key words:cooperative learning TAI type, learning activities


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 149 times | PDF view : 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id