Archives

2016

Vol 12, No 3 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) ini memuat hasil-hasil kajian dan penelitian dalam bidang pendidikan fisika dan bidang sains fisika khususnya tentang fisika kebumian dan fisika material. Artikel tentang fisika kebumian dalam jilid ini berbicara tentang intrusi air laut di Pantai Barombong Makassar, analisis pengaruh Madden Julian Oscillation (MJO) terhadap curah hujan di Kota Makassar, survei sebaran air tanah di daerah Jeneponto, dan pendugaan reservoir daerah potensi air panas. Sementara itu, artikel tentang fisika material membahas tentang pengaruh penambahan abu sekam padi pada geopolimer berbahan dasar lempung laterit, dan pengembangan geopolimer tipe poly berbahan dasar lempung laterit untuk aplikasi material struktural.
Dalam JSPF Jilid 12 nomor 3 ini, juga dimuat artikel yang ditulis oleh dosen dari Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin yang membahas tentang pembelajaran berbasis learner autonomy. Selain itu, juga terdapat artikel dari dosen UIN Alauddin Makassar tentang rancang bangun alat pemurni air laut untuk masyarakat pesisir di Kota Makassar. Seperti biasanya, beberapa artikel juga berasal dari guru sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah tingkat atas (SMA). Untuk terbitan JSPF jilid selanjutnya kontribusi penulis dari perguruan tinggi lain sangat diharapkan termasuk kontribusi dari kalangan guru sekolah menengah.
Dengan penerbitan jurnal ini, diharapkan dapat memberikan sumbangsih terhadap perkembangan ilmu pengetahuan khususnya ilmu fisika. Di samping itu, jurnal ini diharapkan pula menjadi referensi bagi dosen dan guru-guru fisika dalam rangka mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai dalam pengajaran fisika.

Vol 12, No 2 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) Jilid 12 Nomor 2 yang terbit pada bulan Agustus 2016 ini memuat hasil-hasil kajian dan penelitian dalam bidang pendidikan fisika dan bidang sains fisika khususnya tentang fisika kebumian dan fisika material. Artikel tentang fisika kebumian dalam jilid ini membahas tentang analisis kelembaban udara dan temperatur permukaan dangkal, dan model anomali magnetik area panas bumi. Artikel tentang fisika material membahas tentang ekstraksi nanoperak dari bahan dasar perak nitrat dengan menggunakan daun ketapang.
Dalam JSPF Jilid 12 nomor 2 ini, terdapat artikel yang ditulis oleh dosen dari Universitas Indonesia Timur Makassar, dosen pendidikan IPA FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, dan dosen dari pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Selain itu beberapa artikel juga ditulis oleh guru sekolah menengah pertama (SMP).

Vol 12, No 1 (2016): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) ini memuat hasil-hasil kajian dan penelitian dalam bidang pendidikan fisika dan bidang sains fisika khususnya tentang fisika kebumian dan fisika material. Artikel tentang fisika kebumian dalam jilid ini membahas tentang penggunaan metode SEM dan XRD dalam menganalisis limbah pabrik gula, analisis parameter gempa dan pola sebaran gempa berdasarkan data multi-station, analisis sebaran dan kerapatan mangrove dengan menggunakan citra landsat 8, dan pemetaan kondisi terumbu karang di pulau Lae-lae Kecil dengan menggunakan Citra SPOT 4; sedangkan artikel tentang fisika material membahas tentang sintesis dan karakterisasi struktur kristal CaF2 dengan teknik difraksi sinar-X.   

Dalam JSPF Jilid 12 nomor 1 ini, terdapat artikel yang ditulis oleh tenaga pengajar dari Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Nusa Cendana Kupang dan artikel dari tenaga pengajar di STIMIK Handayani Makassar, dan beberapa dari Guru Fisika di Sulawesi Selatan

2015

Vol 11, No 3 (2015): Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) pada Jilid 11 Nomor 3 tahun 2015 ini, selain berisi tulisan tentang kajian pendidikan fisika juga berisi tulisan terkait fisika kebumian diantaranya membahas tentang karakterisasi jenis mineral ornamen di Gua Salukang Kallang, analisis parameter gempa dan pola sebaran gempa, dan studi keberadaan shallow gas di lapisan bawah dasar laut; sedangkan artikel tentang fisika material membahas tentang sintesis zeolit dari abu sekam padi, pengembangan geopolimer berbasis karbon aktif, dan studi pengaruh nanopartikel ZnO terhadap kuat tekan geopolimer. Pada JSPF Jilid 11 nomor 3 ini, terdapat artikel yang berasal dari tenaga pengajar Jurusan Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, dan tenaga pengajar di SMA Negeri 9 Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan.

Vol 11, No 2 (2015): Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) pada edisi ini Jilid 11 Nomor 2, Agustus 2015 memuat hasil-hasil kajian dan penelitian dalam bidang pendidikan fisika dan bidang sains fisika khususnya tentang fisika kebumian dan fisika material. Artikel tentang fisika kebumian dalam jilid ini membahas topik tentang sedimen air panas Sulili di Kabupaten Pinrang, tepatnya tentang karakteristik dan mikro-strukturnya; sedangkan artikel tentang fisika material membahas tentang sintesis komposit organik dari berbagai bahan, karakteristik kalsium karbonat batu kapur, dan sifat mekanik dan morfologi komposit serat daun nanas. Selain itu, pada terbitan ini, terdapat artikel yang berasal dari tenaga pengajar di prodi Pendidikan IPA FMIPA UNM, dan dari tenaga pengajar di prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Lambung Mangkurat, Kalimantan Selatan.

Vol 11, No 1 (2015): Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika

Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) Jilid 11 Nomor 1, April 2015 memuat hasil-hasil kajian dan penelitian dalam bidang pendidikan fisika dan bidang sains fisika khususnya tentang fisika kebumian dan fisika material. Artikel tentang fisika kebumian dalam jilid ini umumnya membahas topik tentang karakteristik curah hujan, daerah aliran sungai, dan perubahan iklim; sedangkan artikel tentang fisika material membahas tentang pemanfaatan karbon aktif dari tempurung kelapa pada proses desalinasi air laut. Pada JSPF Jilid 11 nomor 1 ini, semua artikel yang dimuat berasal dari Jurusan Fisika Universitas Negeri Makassar.