PENERAPAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI KONSTRUKTIVISTIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS X MIA 5 SMA NEGERI 1 SUNGGUMINASA

Andi Ati
Muhammad Tawil

Abstract


This study is a classroom action research which aims at obtaining the description of constructivist-based learning process that can improve problem solving skills in Physics subject of grade X MIA 5 students at SMAN 1 Sungguminasa in Gowa district. The subject of the study were the students of grade X MIA 5 on the second semester of academic year 2015/2016 with the total of 46 students, consisted of 17 female students and 29 male students. The study was conducted in two cycles which consisted of four activities, namely the planning, the implementation of treatment, observation, and reflection. The result of the study reveal that (1) the learning activities of the students using constructivist-based learning approach improve from cycle I 52.00% (fairly active category) to cycle II 81.73% (very active category); (2) the observation result of learning management by the teacher in cycle I and II is at the range of 90.00%< NR< 100% which categorized as very good; (3) the average score of LKPD (students’ worksheet) improves from cycle I 2.96 to 4.08 in cycle II; (4) the average score of problem solving skills of students improve from cycle I 2.37 to 4.12 in cycle II or improve by 73.84%. The conclusion based on the result of the study is the constructivist-based learning can improve problem solving skills of grade X MIA 5 students at SMAN 1 Sungguminasa.

Keywords: constructivist, problem  solving skills

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperoleh gambaran proses pembelajaran berorientasi konstruktivistik yang dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah fisika peserta didik kelas X MIA 5 SMA Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas X MIA 5 semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah peserta didik 46 orang terdiri dari 17 laki-laki dan 29 perempuan.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan tindakan,observasi, dan refleksi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktifitas pembelajaran peserta didik dengan pendekatan pembelajaran berorientasi konstruktivistik mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 52,00% (kategori cukup aktif) menjadi 81,73% (kategori sangat aktif) pada siklus II, (2) hasil observasi pengelolaan pembelajaran oleh guru pada siklus I dan II berada pada rentang 90,00 % ≤ NR ≤ 100 %, sehingga dikategorikan sangat baik, (3) skor rata-rata LKPD mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 2,96 menjadi 4,08 pada siklus II, (4) skor rata-rata keterampilan pemecahan masalah peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 2,37 menjadi 4,12 pada siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 73,84%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berorientasi konstruktivistik dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik kelas X MIA 5 SMA Negeri 1 sungguminasa.

Kata Kunci: konstruktivistik, keterampilan pemecahan masalah.

 


Full Text:

PDF

References


Delors. 1996. International Comission on Education for the 21st Century. Learning : The treasute Within. Paris: Unesco Publishing.

Diyah. 2007. Keefektifan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Doolittle, P.E dan Camp, W.G. 1999. Constructivism: The Career and Technical Education Perspective. Kirk Swortsel (Ed.): Journal of Vocational and Technical Education. Volume 16, Number 1.

Efendi, Z. 2007. Trind Pengajaran dan Pembelajaran Matematika. Utusan Publication & Distributor SDN BHN, 115.

Gasong, D. 2012. Model Pembelajaran Konstrutivistik. Jakarta: PPs UNJ.

Hudoyo, H. 1998. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi.

Hoover, W. A. 1996. Constrictivism. SEDL Letter, Volume IX, Number 3.

Ibrahim, Muslimin. 2005. Asesmen Berkelanjutan Konsep Dasar, Tahapan Pengembangan dan Contoh. Surabaya: Unesa University Press.

Inayah, N. 2007. Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pokok Bahasan Segiempat Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Jacob, C. 2010. Matematika Sebagai Pemecahan Masalah. Bandung: UPI.

Jonassen, D. H. 2011. Learning To Solve Problems. New York: Simultaneously.

Khaeruddin, Nurhayati & Rahmayanti. 2009. Peranan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika pada Siswa SMA Negeri 1 Anggeraja Kabupaten Enrekang. JSPF, 43-50.

Ladesma, E. R. 2012. Problems Solving Using Different Register Of Representation. International Research Journals 3(1), 052-059.

Laksmi, N M Darma. 2011. Pengaruh Model CTL Berorientasi Polya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Tesis. Singaraja: PPs Universitas Pendidikan Ganesha.

Liliasari. 2005. Membangun Keterampilan Berpikir Manusia Indonesia Melalui Pendidikan Sains. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Polya, G. 1971. How To Solve It. Second Edition. New Jersey: Princeton University Press.

Redhana, I Wayan. 2013. Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Jilid 46, Nomor 1. 76-86.

Resianto, S. 2010. Penerapan Pendekatan Konstrutivistik Dengan PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Di SMK NU 01 Kedungpring Lamongan. Skripsi. Malang: Univesitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Santyasa, I. W. 2004. Model Problem Solving dan Reasoning Sebagai Alternatif Pembelajaran Inovatif. Disajikan dalam Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (Konaspi) V, Tanggal 5-9 Oktober.

Sri, A. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Steffe, L. P. Eds., 1996. Theories of Mathematics. Aukulad: Penguin Books

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Badung: PT Remaja Rosdakarya.

Suparno, P. 1997. Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan. Jakarta: Kanisius

Tawil, M., & Liliasari. 2013. Berpikir Kompleks dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Tim Pelatih Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PGSM.


Article Metrics

Abstract view : 20 times
PDF - 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) memiliki ISSN Cetak: 1858-330X dan ISSN Online: 2548-6373