PENERAPAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 MA’RANG
(1) Jurusan Fisika, FMIPA Universitas Negeri Makassar Jl. Daeng Tata Raya, Makassar 90223
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v11i3.1730
Abstract
Abstract: Application of Problem Solving Approach to Improve Comprehension of Concepts Physics Students Class X SMA Negeri 1 Ma'rang. This research aims to determine: 1) how much the physics concepts understanding of students class X SMA Negeri 1 Ma'rang in academic year 2014/2015 before they were taught using problem-solving approach. 2) how much the physics concepts understanding of students class X SMA Negeri 1 Ma'rang in academic year 2014/2015 after they were taught by problem-solving approach. 3) how high the gain of physics concepts understanding of students in class X SMA Negeri 1 Ma'rang after they were taught by problem-solving approach. The Subject in this study was the X3 class of SMA Negeri 1 Ma'rang in academic year 2014/2015. Collected data in this research was analyzed by using descriptive and inferential statistical techniques. Based on the result of descriptive analysis, it was obtained that average score of conceptual understanding of physics students after being taught by using problem-solving approach was greater compared to the average scores before taught by using problem-solving approach. As inferential analysis, normality test, N-gain and the estimated average were conducted. Based on the results of the data normality test for scores of conceptual understanding of physics, it could be concluded that the data of conceptual understanding of physcs both for pretest and posttest was originally from populations that were normally distributed. Based on N-gain analysis, it was showed that the improvement of conceptual understanding of physics students was of in the middle category.
Keywords: problem solving, concept understanding
Abstrak: Penerapan Pendekatan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Ma’rang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) seberapa besar pemahaman konsep fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Ma’rang tahun ajaran 2014/2015 sebelum diajar dengan pendekatan pemecahan masalah. 2) seberapa besar pemahaman konsep fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Ma’rang tahun ajaran 2014/2015 setelah diajar dengan pendekatan pemecahan masalah. 3) seberapa besar peningkatan pemahaman konsep fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Ma’rang setelah diajar dengan pendekatan pemecahan masalah. Subjek pada penelitian ini adalah kelas X3 SMA Negeri 1 Ma’rang tahun ajaran 2014/2015. Pengolahan data penelitian menggunakan teknik statistik deskriptif dan teknik inferensial. Pada analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata pemahaman konsep fisika peserta didik setelah diajar dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah lebih besar jika dibandingkan dengan skor rata-rata sebelum diajar dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah. Pada analisis inferensial digunakan uji normalitas, N-Gain dan taksiran rata-rata. Berdasarkan hasil pengujian data normalitas pada skor pemahaman konsep fisika maka dapat dikatakan bahwa data pemahaman konsep fisika baik pretest maupun postest berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Pada analisis N-gain berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa peningkatan pemahaman konsep fisika peserta didik berada pada kategori sedang.
Kata Kunci: pemecahan masalah, pemahaman konsepReferences
Anderson, Krathwol., Airasian., Cruickshank., Mayer., Pintrich., Raths., Wittrock,. (2011). A Taxonomy for Learning and Teaching and Assesing : A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New york : Longman
Arifin, Mulyati. 2000. Strategi Belajar Mengajar: Prinsip dan Aplikasinya. Bandung: UPI
Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara.
Atiqoh. 2011. Pengaruh Model Pemecahan Masalah Polya Terhadap Kemampuan Analisis Siswa Pada Konsep Listrik Dinamis. Jakarta : FMIPA UIN Syarf Hidayatullah
Dzamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Jonassen, David H. 2000. Toward Design Theory of Problem Solving. Paper, ETR&D, Vol.48, No. 4.
Lieza, Naurma. 2011. Penerapan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika Pada Siswa Kelas VII SMPN 03 Brebes. FMIPA UNS
Meltzer, D. (2002). The Relantionship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics. American Journal of Physics, 70.
Mundilarto. 2002. Kapita Selekta Pendidikan Fisika. FMIPA UNY
Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara)
Riduwan. 2011. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada. Cet. 3
Rusyem, A. Tabrani. 1997. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung. CV Remaja Karya
Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung : Alfabeta
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Simanjuntak, MP. 2012. Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah Berbasis Video. Vol 1 No. 2
Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sudjana, Nana. 2011. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Sumardyono. Beberapa saran dan Tips dalam Penerapan Pembelajaran Problem Solving.
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kotemporer. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Article Metrics
Abstract view : 589 times | PDF view : 281 times PDF view : 226 timesLicense URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-nd/4.0/
Organized by :
Physics Department
Faculty of Mathematics and Natural Sciences,Universitas Negeri Makassar,
Daeng Tata Raya Street, Parangtambung, Tamalate, South Sulawesi, Indonesia.
Postal Code: 90224 Phone/Fax (0411)840622
Website: http://ojs.unm.ac.id, email: jspf@unm.ac.id
Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) is licensed under a creative commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License