Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar

S. Intang(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Benteng setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian ini adalah pra eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Subyek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Benteng. Sedangkan sampel adalah siswa kelas VIII Ahmad Yani yang diambil melalui pengacaakan kelas dengan asumsi kelas homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis deskriptif dan inferensial terdapat peningkatan minat dan hasil belajar fisika siswa setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT pada taraf nyata a = 0,05.

Kata kunci: kooperatif, team games tournament, minat, hasil belajar


Article Metrics

Abstract view : 1101 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.