Comparison Of The Effectiveness Of Cooperative Learning Model Of Tps Type And Nht Type Based On Independent Learning Students At Makassar

Abdul Hadi(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/est.v3i1.2474

Abstract


The study is an experiment research with pretest and postets design, which aims at examming (1) the effectiveness of cooperative lerning model of TPS type; (2) the effectiveness of cooperative lerning model of NHT type; (3) and the comparison of the the effectiveness of cooperative lerning model of TPS type and NHT type based on independent learning of students. The result of the study reveal that (1) the impelementation of cooperative learning model of TPS type is effective when impelemented in class VIII at MTsN 2 Makassar of plane space geometry; (2) the impelementation of cooperative learning model of NHT type is effective when impelemented in class VIII at MTsN 2 Makassar of plane space geometry; (3) there are differences of the effectiveness of cooperative learning model of TPS type and NHT type based on independent learning of students on plane space geometry in class VIII at MTsN 2 Makassar which in high category; (4) there is not difference of the effectiveness of cooperative learning model of TPS type and NHT type based in independent learning of students on plane space geometry in class VIII at MTsN 2 Makassar which in not high category.

 


Keywords


effectiveness, cooperative lerning, model NH

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. (2008). Guru Profesional. Bandung: Alfabeta.

Allolayuk, Sertin. (2013) Perbandingan Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan pendekatan Probing Prompting dan Pendekatan Reciprocal Teaching pada Pembelajaran Metematika Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Poso Kota Selatan. Thesis, Tidak Diterbitkan. Makassar: Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Andriasih, Suneti. (2013) Definisi Bangun Ruang. (Online) http://definisibangunruang016.blogspot.com/. Diakses pada tanggal 08 Juli 2014.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Aunurrahaman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Azwar, Saifuddin. (2004). Penyusunan Skala Psikologi. Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bustam, Irawati. (2013). Komparasi Pembelajaran Kooperatif tipe TAI dan tipe TPS pada Materi Perbandingan Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Palopo. Thesis. Tidak Diterbitkan.Makassar: Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Depiknas. (2003). Undang-undang RI No 20 Tahun 2003 tentang Sisdikna.

Jakarta: Eko Jaya.

Fhinajeparaz.(2013). Balok dan Unsur-unsurnya. (Online). http://fhinajeparaz.wordpress.com/2013/01/03/balok-dan-unsur-unsurnya/. Diakses pada tanggal 08 Juli 2014.

Firdaus. (2009). Efektifitas Pembelajaran Kooperatif tipe NHT dalam Pembelajaran Matematika di SMA. Thesis. Tidak Diterbitkan. Makassar. Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Fitriani, A. (2013). Komparasi Keefektifan Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Make A Match dan Tipe Scramble Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Palopo. Thesis. Tidak Diterbitkan. Makassar: Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Ginting, Abdorrakhman. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Haraharp. Negoro. (2013). Ensiklopedia Matematika. Ghalia Indonesia: IKAPI.

Hasmiati. (2013). Efektifitas Pembelajaran Matematika Realistik dengan Setting Kooperatif tipe TAI dan TGT Materi Volume Bangun Ruang pada Kelas V SD Inpres Bakung II. Thesis. Tidak Diterbitkan. Makassar: Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Hidayat. (2009). Pengertian Efektifitas. (Online). http://dansite.wordpress.com/2009/03/28/pengertian-efektifitas/. Diakses pada tanggal 05 Maret 2014.

Idi, Abdullah. (2010). Sosiologi Pendidikan. Jakarta Utara: PT Raja Grapindo Persada.

Iskandar. (2012). Psikologi Pendidikan sebuah Orientasi Baru. Jakarta: Referensi.

Kusnandi. (20110. Pengaruh Penerapan Bimbingan Manajemen Diri Terhadap Tingkat Kemandirian Siswa Dalam Belajar Di SMP Negeri 33 Makassar. Thesis, Tidak Diterbitkan. Makassar: Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Nurdin. (2007). Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Tidak Diterbitkan. Surabaya. PPs UNESA.

Nurhayati, Eti. (2011). Psikologi Pendidika Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nurkancana, Wayan. (1983). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional

Parondah, Naimah. (2010). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif tipe NHT dengan Konsep Pendekatan Problem Possing dalam Pembelajaran Matematika di SMP.Thesis. Tidak Diterbitkan. Makassar: Pasca sarjana Universitas Negeri Makssar.

Ratumanan, Tanwey Gerson. (2003). Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: UNESA University Press.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran; Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran berorientasi Standar proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Song, Lian and Janette. (2007). A Conceptual Model For Understanding Self-Directed Learning In Online Environments. Jurnal Internasional (Online).www. nclor. Org/jiol. Diakses pada tanggal 25 Oktober 2013.Univercity Of Georgia.

Sriyanti. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif TPS pada Materi Pokok Larutan penyangga. Thesis. Tidak Diterbitkan. Makassar. Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Sukino. (2006). Matematika untuk SMP kelas VIII. Jakarta: Erlangga.

Supiati. (2011). Hubungan antara Pengasuhan Orang Tua, Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar Siswa di SMP Negeri 3 Makassar. Thesis. Tidak Diterbitkan. Makassar. Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Tahar, Irzan. (2006). Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal nasional (Online). Universitas Terbuka: Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak jauh.

Thobroni, Mustofa. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencan Prenada.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif berorientasi konstruktivistik, Konsep, Landasan, dan impelementasinya. Jakarta: prestasi Pustaka Publisher.

Wahyuni, Risda. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT. (Online). http://mi1kelayu.blogspot.com/2012/06/model-pembelajaran-kooperatif-tipe-n.html. Diakses pada tanggal 08 Desember 2013.

Yamin, martinis. (2013). Pardigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Referensi.


Article Metrics

Abstract view : 1131 times | PDF view : 282 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Abdul Hadi

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Editorial Office

Journal of Educational Science and Technology
Graduate Program Universitas Negeri Makassar

   

address icon red

 Jl Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD Ruang 406 Lt 4, Indonesia  
  jurnalestunm@gmail.com | est.journal@unm.ac.id 
  https://ojs.unm.ac.id/JEST/index 
   085299898201 (WA) 
 

EST Index by: