EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KOMBINASI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN PROBLEM POSING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Al Jibra(1*),

(1) Program Studi Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/est.v2i1.1886

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model problem based learning dengan kombinasi pendekatan saintifik dan problem posing dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen.populasinya adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pallangga Kabupaten Gowa yang jumlahnya enam kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas VIII c yang diambil secara acak. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa data hasil belajar matematika peserta didik pada pre-test bahwa nilai rata-rata berada pada kategori sangat rendah, sedangkan pada post-test nilai rata-rata berada pada kategori tinggi. Tingkat ketuntasan secara klasikal pada pre-test dalam kategori tidak tuntas, sedangkan pada post-test dalam kategori tuntas, rata-rata gain ternormalisasi berada pada kategori sedang. Aktifitas peserta didik pada pertemuan terakhir berada pada waktu ideal, serta respon peserta didik berada pada kategori positif dengan skor rata-rata respons peserta didik mencapai 3,67. Hasil analisis inferensial menggunakan uji one sample t-test dengan bantuan SPSS 20 untuk menguji hipotesis menunjukkah bahwa data hasil belajar peserta didik pada post-test signifikan dengan nilai α = 0,05, sedangkan pada gain ternormalisasi signifikan dengan nilai α = 0,05, serta data respon peserta didik signifikan dengan nilai α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis deskriktif dan inferensial dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning dengan kombinasi pendekatan saintifik dan problem posing efektif di kelas VIII SMP Negeri 5 Pallangga Kabupaten Gowa.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 925 times | PDF view : 392 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Journal of Educational Science and Technology



Editorial Office

Journal of Educational Science and Technology
Graduate Program Universitas Negeri Makassar

   

address icon red

 Jl Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD Ruang 406 Lt 4, Indonesia  
  jurnalestunm@gmail.com | est.journal@unm.ac.id 
  https://ojs.unm.ac.id/JEST/index 
   085299898201 (WA) 
 

EST Index by: