PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KONSEP EKOSISTEM BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Yusminah Hala(1*),

(1) Pascasarjana Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/est.v1i3.1825

Abstract


The study was a research and development aimed at developing learning package based on scientific approach, which was valid, practical, and effective for  Junior High School’s students. The development procedure used in the study was based on Thiagarajan’s model or 4-D model consisted of four phases, namely defining, designing, developing, and dissemination. The development learning package based on scientific approach had been validated by the experts and practitioners and had been revised; thus, it obtained feasible result to be used. The results revealed that the learning package based on scientific approach was valid, practical, and effective. The learning package that  were RPP, student’s book, and student’s worksheet was valid due to the extremely valid category, practical because it was in completely conducted and  effective as well because it had met the criteria of effective. 

 


Keywords


Learning package , Scientific method, Ecosystem concept

Full Text:

PDF

References


Alimin, R. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Scientific Pada Pokok Bahasan Geometri untuk Peserta Didik SMA Kelas X. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Amri, S. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya.

Ardiana. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Konstektual Melalui Model Kooperatif pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMP. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2007. Tentang Model Penilaian Kelas Kurikulum Berbasis Kompetensi untuk Sekolah Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia nomor 81a Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran . Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Jafar, J. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Pada Mata Pelajaran Biologi Terhadap Aktivitas Siswa, Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Mulyasa. 2002. Kurikulum berbasis kompetensi (Konsep, Karakteristik, Implementasi). Bandung; Remaja Rosda Karya

Nur, S. 2013. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah, Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 4 Wonomulyo. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Nurdin. 2007. Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA.

Permadi, A. 2013. Pengembangan Perangkat Model Pengajaran Langsung untuk Meningkatkan Keterampilan Peserta Didik SMKN 1 Pitumpanua. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pasca-sarjana Universitas Negeri Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 3542 times | PDF view : 2068 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Journal of Educational Science and Technology



Editorial Office

Journal of Educational Science and Technology
Graduate Program Universitas Negeri Makassar

   

address icon red

 Jl Bonto Langkasa Gunungsari Baru Makassar, 90222 Kampus PPs UNM Makassar Gedung AD Ruang 406 Lt 4, Indonesia  
  jurnalestunm@gmail.com | est.journal@unm.ac.id 
  https://ojs.unm.ac.id/JEST/index 
   085299898201 (WA) 
 

EST Index by: