THE INFLUENCE OF LEARNING APPROACH AND MOTIVATION ON MATHEMATICS LEARNING RESULTS OF CLASS V STUDENT AT SD IN BULUKUMBA DISTRICT
(1) UNM
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jds.v4i2.2895
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Haji, Saleh. 2011. Pendekatan Problem Posing Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan Triadik, Volume 14, No.1.
Hamalik, Oemar. 1992. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Hanafiah, Nanang dan Suhana, Cucu. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Jarmita, Nida dan Hazami, 2013. Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Materi Perkalian. Jurnal Ilmiah Didaktika, Vol. 13, No. 2, 212-222.
Listio, Ronald. 2010. Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja terhadap kinerja karyawan PT. Allianz Life Indonesia Wilayah Jawa Barat. Thesis. Tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Komputer Indonesia
Maisaroh dan Rostrieningsih. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Vol. 8, No. 2.
Mayasa. 2015. Model Pembelajaran Problem Posing (Pengajuan Soal). Online, http://m4y-a5a.blogspot.co.id/2012/04/model-pembelajaran-problem-posing.html. Diakses 06 Desember 2015.
Mulbar, Usman. 2012. Disain Pembelajaran Matematika Realistik yang Melibatkan Metakognisi Siswa pada Pokok Bahasan Aritmetika Sosial di Sekolah Menengah Pertama. Aksioma, Vol.1 No.1.
Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Surabaya: Kencana.
Siswono, Tatag YE. 2000. Pengajuan soal (Problem Posing) oleh siswa dalam pembelajaran geometri di SLTP. Seminar Nasional Matematika “Peran Matematika Memasuki Milenium III. Surabaya: FMIPA UNESA Surabaya.
Suharianta, dkk. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Simulasi Berbasis Budaya Lokal Terhadap Hasil Belajar Ips. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD,Vol. 2, No.1.
Supardi U.S. 2012. Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Motivasi Belajar. Cakrawala Pendidikan, Th. XXXI, No. 2.
Susanto, Ahmad. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Thobroni, M. 2015. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Uno, Hamzah, B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Uno, Hamzah B dan Mohamad, Nurdin. 2011. Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.
Upu, Hamzah. 2003. Problem Posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Pustaka Ramadhan
Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu
Yosmarniati, dkk. 2012. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika, Part 3, Vol.1, No.1, 64-69.
Article Metrics
Abstract view : 789 times | PDF view : 183 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Nur Hidayah Basri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Publisher:
Magister Program of Mathematics Education
prostgraduate Universitas Negeri Makassar
ramlan.mm@unm.ac.id
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by
daya matematis: jurnal inovasi pendidikan matematika is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/