PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA DALAM MATERI SEGI EMPAT MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERINTEGRASI TEORI DIENES DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KELAS VII-A SMP NEGERI 1 TAWALIAN KABUPATEN MAMASA

Dewi Lakkiran


DOI: http://dx.doi.org/10.26858/jds.v3i3.1705

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimanakah proses pembelajaran matematika siswa dalam materi segiempat melalui model kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT)  terintegrasi Teori Dienes dengan pendekatan saintifik pada kelas VII-A SMP Negeri 1 Tawalian Kabupaten Mamasa, untuk mengetahui apakah melalui Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) terintegrasi Teori Dienes dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dalam materi segiempat siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Tawalian Kabupaten Mamasa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Clasroom Action) yang mengacu pada aktivitas aksi refleksi siklus-spiral. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Tawalian Kabupaten Mamasa. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar matematika siswa, lembar observasi aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran, dan angket respon siswa  terhadap pembelajaran matematika. Prosedur penelitian ini terdiri dari 2 siklus dimana tiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru yang lebih produktif dan aktivitas siswa yang lebih aktif dalam proses pembelajaran  matematika, dan terjadi peningkatan jumlah ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I  ke siklus II, sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pembelajaran matematika siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Tawalian Kabupaten Mamasa dalam materi segiempat dapat ditingkatkan  melalui model kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terintegrasi Teori Dienes dengan Pendekatan Saintifik.

 

Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe TGT, Teori Dienes, Pendekatan Saintifik, dan Kualitas Pembelajaran Matematika

 

 

 


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 568 times
PDF - 712 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Dewi Lakkiran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Publisher:

Master Program of Mathematics Education

Graduate Program of Universitas Negeri Makassar

ramlan.mm@unm.ac.id

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Indexed by:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License..

View My Stats