PENDEKATAN DIALOG DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SDN GIRIMOYO 03 KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG

Muhammad Sarlin(1*),

(1) Universitas Negeri Gorontalo
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v20i1.4427

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui gambaran persepsi guru terkait pengimplementasian pendekatan dialog dalam pembelajaran ilmu pengetahun sosial. Pendekatan kualitatif yang digunakan adalah fenomelogi deskriptif yang didasarkan pada filosofi Husserl. Fenomenologi deskriptif ini digunakan untuk mengembangkan struktur pengalaman Guru dari suatu fenomena dalam mencari kesatuan makna dengan mengidentifikasi fenomena dan menggabarkan suatu pengalaman Guru sehari-hari. Data utama penelitian ini diperoleh berdasarkan interaksi dengan respoden dalam latar alamiah. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan, materi pembelajaran yang akan disampaikan, dan alokasi waktu dalam satu kali pertemuan menjadi dasar dalam penerapan pendekatan dialog. Selain itu kegiatan yang akan dilakukan selama proses pembelajaran dengan melibatkan siswa sebagai warga belajar menjadi pertimbangan mendasar.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 297 times | PDF view : 317 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pendidikan Insani



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.