EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 12 BULUKUMBA

Fitria Astuti Danial(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v20i1.4423

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode pembelajaran Inquiry dalam pembelajaran matematika materi kubus dan balok. Populasi penelitian ini terdiri dari 6 kelas VIII di SMP Negeri 12 Bulukumba dan yang menjadi kelompok eksperimen penelitian adalah kelas VIII.2 yang terdiri atas 23 orang siswa dengan teknik pengambilan satuan eksperimen melalui simple random sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen tes hasil belajar, lembar obeservasi aktivitas siswa dan angket respon siswa. Data hasil belajar matematika siswa terdiri atas data pretest dan data posttest. Pada hasil analisis data inferensial yang menggunakan uji paired t-test, dengan taraf signifikansi 0, 05, diperoleh nilai sig(2tailed) sebesar p=0,000<α=0, 05. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan secara signifikan antara rata-rata hasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan dengan hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 216 times | PDF view : 328 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Penelitian Pendidikan Insani



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.