PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH YANG MENGINTEGRASIKAN MEDIA DAN SUMBER BELAJAR AUTENTIK PADA PELAJARAN MATEMATIKA SD

Ahmad Thalib(1*), Jalaluddin Mulbar(2),

(1) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/ijes.v11i2.120

Abstract


Abstract: The Problem-Based Learning Integrating Media and Authentic Learning Resources Mathematics Instructios at Elementary School. This  research and development study aims at developing the teaching tools for Mathematics using problem-based learning model that utilizes media and authentic learning resources on the subject of fraction at elementary school. The results of limited tests indicate that the developed instruction device is practical and effective. The results of data analysis show that (1) the ability of teachers to manage the learning process is in the category “very high”, (2) the teacher can guide the group to work and learn, (3) in general, students respond positively to the learning, (4 ) the instruction devices make students more active in the learning process, and (5) the average score obtained by students on the achevement tests is 72.31 in the score range 0-100.

Abstrak: Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah yang Mengintegrasikan Media dan Sumber Belajar Autentik pada Pelajaran Matematika SD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah yang memanfaatkan media dan sumber belajar autentik  pada pokok bahasan Pecahan SD. Hasil dari uji coba terbatas menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan telah bersifat praktis dan efektif. Hasil analisis data adalah sebagai berikut: (1) tingkat kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran dalam kategori sangat tinggi; (2) guru dapat membimbing kelompok untuk bekerja dan belajar; (3) pada umumnya siswa memberikan respon yang positif terhadap perangkat pembelajaran; (4) perangkat pembelajaran menjadikan siswa  lebih aktif dalam proses pembelajaran; dan (5) skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes hasil belajar adalah 72,31 dari dari rentang skor 0-100.

 

Kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, media dan sumber belajar autentik, Matematika SD


Article Metrics

Abstract view : 231 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.