PEMBELAJARAN PAUD: MENGENAL HURUF DAN ANGKA MELALUI KOMIK EDUKASI

Herinanda Sabri(1*), Agussalim Djirong(2), Irfan Arifin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/i.v1i1.9884

Abstract


Perancangan ini bertujuan untuk menjadi media pembelajaran baru bagi anak-anak PAUD dengan menyajikan tampilan ilustrasi yang dibuat berbeda dari media pembelajaran pada umumnya, perancangan media pembelajan ini juga di lengkapi dengan media pendukung agar anak-anak dapat bermain sambil belajar, perancangan ini juga di lengkapi dengan beberapa merchandise.

Dalam perancangan media pembelajaran buku komik ini metode pengumpulan data yang dilakukan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi pada PAUD yang disertai study pustaka. Perancangan komik juga disesuaikan dengan kurikulum yang ada di PAUD dengan menggunakan strategi komunikasi, konsep kreatif, strategi visual, dan strategi media yakni dirancang dengan menggunakan teknik fotografi sebagai ilustrasi cerita, dengan menggunakan action figure sebagai tokoh dalam cerita. Selain itu media pendukung pada perancangan ini berupa papan puzzle, serta dilengkapi juga beberapa merchandise seperti totebag, tumbler, dan gantungan kunci. Perancangan ini juga menggunakan exbanner sebagai media promosi. Secara keseluruhan perancangan ini menghasilkan buku komik edukasi sebagai media utama, dengan media pendukung berupa papan puzzle yang bertujuan agar anak-anak dapat belajar sambil bermain. Buku komik edukasi ini juga dilengkapi dengan merchandise sebagai media publikasi seperti totebage, tumbler (tempat minum), gantungan kunci. Dan menggunakan media promosi berupa banner.


Keywords


Komik; Edukasi; PAUD; Huruf; Angka

Full Text:

PDF

References


Hasnida. 2015. Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta Timur: PT. Luxima Metro Media.

Louie Stowell dan Russel Punter, 2007. “Ayo Bikin Komikmu Sendiri! Bandung: Tiga Ananda

McCloud, Scott. 2008. Understanding Comics. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

McCloud, Scott. 2008. Membuat Komik Rahasia Bercerita Dalam Komik, Manga, dan Novel Grafis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sadiman, Raharjo, Haryono, dan harjito. 2014. Media Pendidikan

Pengertian, Pengembangan, dsn Pemanfaatan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 252 times | PDF view : 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL IMAJINASI



Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Imajinasi indexed by