PERANCANGAN MODUL PEMBELAJARAN SENI LUKIS BAHAN PEWARNA ALAM MATA PELAJARAN SENI LUKIS PADA SISWA KELAS X.I DI SMAN 2 ENREKANG
(1) Pendidikan Seni Rupa, Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Seni Rupa, Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Seni Rupa, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/i.v2i2.9551
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran seni lukis bahan pewarna alam (kesumba) dalam mata pelajaran melukis untuk siswa kelas X.I di SMAN 2 Enrekang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) dengan prosedur meliputi tahap: analisis kebutuhan, perancangan produk awal, pengembangan produk awal, validasi, revisi untuk penyempurnaan produk akhir. Tahap analisis dilakukan dengan mengumpulkan informasi tentang media ajar yang digunakan di SMAN 2 Enrekang, tahap peracangan produk awal dilakukan mencari referensi materi dan referensi pembelajaran yang menarik dan merancang desain modul menggunakan softwere computer (Corel Drow X7), validasi kemudian dilakukan oleh parah ahli terhadap modul pembelajaran yang telah dihasilkan sementara (produk awal), pada tahap refisi didapatkan dari berbagai masukan dosen pembimbing, dosen penguji dan ahli materi dan ahli media. Instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket validasi. Hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan modul Melukis Menggunakan Bahan Pewarna Alam (Kesumba) yaitu modul lengkap (Self Contained), berukuran 17.5 cm x 25 cm dengan ketebalan kertas sampul 260gr dan isi modul menggunakan kertas MP 100gr disajikan secara portrait berisi 73 halaman awal (sampul depan belakang, kata pengantar, daftar isi, petunjuk penggunaan modul, tujuan pembelajaran, peta materi dan pendahuluan). Modul memuat materi menjadi empat bagian, yaitu materi I berisi pengertian seni, seni lukis, dan bahan pewarna alam (kesumba), materi II berisi pengenalan alat dan bahan membuat pewarna alam (kesumba), materi III berisi cara melukis menggunakan bahan pewarna alam (kesumba) dan materi IV berisi hasil melukis menggunakan bahan pewarna alam (kesumba). Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas X.I di SMAN 2 Enrekang setuju menggunakan modul Melukis Menggunakan Bahan Pewarna Alam (Kesumba).
Keywords
References
Arikunto, Syharsimi.2006. prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Brog, W.R & Gall, M.D. 1987. Educational Research: An Intraduction. Jakarta: PAU-PPAIN Universitas Terbuka.
Nasution, S. 2003. “Berkebun Buah Naga”. Skripsi: Surabaya, FBS Unesa.
Pamadi, Hajar. 2011. Workshop Penulisan Modul Bagi Guru SMA Negeri 1 Dlingo. Jakarta: Rineka Cipta.
Salam, Sofyan. 200. Seni Rupa Mimesis dan Modern/Kontemporer di Sulawesi Selatan (Sebuah Pengantar Tentang Perjalanan Dan Persoalannya). Makassar: DKKS Makassar
Subiantoro, Benny. 2014. Mudahnya Belajar Mrenggambar Media Pembelajaran Seni Budaya Guru Sekolah Taman Kanak-Kanak dan Guru Sekolah Dasar (PGMI). Makassar: Pendidikan Sekolah Dasar (PGMI) Universitas Islam Negeri.
Sunaryo dan Sumartono. 2006. “Seni Lukis Dasar (Bahan Ajar Seni Lukis I)”. Skripsi: Surabaya, FBS Unesa.
Zain, S. B. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bineka Cipta.
Article Metrics
Abstract view : 577 times | PDF view : 24 times PDF view : 1 timesRefbacks
Copyright (c) 2019 JURNAL IMAJINASI
Alamat Redaksi:
Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung
Jl. Daeng Tata Makassar 90224
E-mail: imajinasi@unm.ac.id
Jurnal Imajinasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Imajinasi indexed by