PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI BACAAN BAHASA INGGRIS MELALUI “DEDUCING MEANING FROM CONTEXT”
(1) SMP 30 Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i1.5633
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk: (1) meningkatkan kemampuan siswa dalam arti memahami kata-kata sulit yang dijumpai dalam bacaan tanpa membuka kamus, (2) membudayakan “deducing meaning from context” dalam pembelajaran bahasa Inggris khususnya reading comprehension. Penelitian ini menggunakan metode penelitian daur ulang atau siklus, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hal ini dimaksudkan untuk menemukan permasalahan yang perlu diperbaiki, dapat dilaksanakan pada tingkat awal.Adapun hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) kemampuan siswa menebak makna berdasarkan konteks meningkat, (2) Siswa dapat menemukan makna dalam kata melalui sinonimnya, (3) ketergantungan siswa pada kamus berkurang.
Full Text:
PDFReferences
Depdikbud. 1993. Garis-gris Besar Program Pengajaran. Jakarta; Balai Pustaka
Pusat Kurikulum. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Standar Kompetensi Bahasa Inggris SMP dan MTs. Jakarta; Puskur Balitbang Dediknas.
Poerwadarminta W.J.S. 1996. Kamus Umum Bahasa Inggris. Jakarta; Balai Pustaka.
Sadiman, 1986. Interaksi dan Motivasi Bealjar Mengajar. Jakarta; Rajawal.
Jufri, J. 2007. Metode Penelitian Bahasa. Sastra dan Budaya
Jufri, J., 2017. Strategi Pembelajaran Bahasa.
Yusri, Y., Mantasiah, R., & Jufri, J. 2018. The Use Of Two Stay Two Stray Model in English Teaching to Increase Student’s Learning Outcome. Journal Of Advanced English Studies, 1(1), 39-43
Article Metrics
Abstract view : 1472 times | PDF view : 316 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Eralingua has been indexed by: