PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JERMAN (WORTSCHATZ) BERDASARKAN MODEL KOMUNIKASI SMCR-BERLO DI SMA NEGERI DI KOTA MAKASSAR

Misnawaty Usman(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i1.5627

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendesain perangkat pembelajaran kosa kata bahasa Jerman berdasarkan model komunikasi SMCR-Berlo sebagai alternatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya pengajarab bahasa Jerman di SMA kota Makassar. Permasalahan utama dalam penelitian ini ialah 1) bagaimana mendesain perangkat pembelajaran kosa kata bahasa Jerman yang valid, praktis dan atraktif untuk diterapkan dalam meningkatkan kemampuan kosa kata bahasa Jerman siswa. 2) bagaimana keefektifan  perangkat pembelajaran kosa kata berdasarkan model komunikasi SCMR-Berlo ini. Pendekatan yang digunakan dalam kajian ini ialah penelitian pengembangan. Luaran dari penelitian ini terdiri atas materi pengajaran yang didesain berdasarkan model komunikasi SCMR-Berlo.


Full Text:

PDF

References


Ammon, Ulrich. 1991. De Internationale Stellung der deutschen Sprache. Berlin: Walter der Gruyter & Co.

Berlo, K. David. 1960. The process of Communication. Holt. Rinehart and Winston Inc. New York. NY.

Briggs, Lisslie, 1978. Instructional Design, New Jersey : Ed.Techn Pub.

Dahar, Ratna Wiliis. 2007. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Jerman. Jakarta. Depdiknas

Djiwandono, M. Soenardi. 2008. Tes Bahasa: Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT. Mancanan Jaya Cemerlang.

Drowdowski, Günther. 2003. Deutsher Universal Wörterbuch. Bibliografischer Insstitut Mannheim. Wien Zurich. Duden Verlag.

Dryden, Gordon & Jeannet Vos. 2001. The Learning Revolution I; Keajaiban Pikiran. Bandung, Kaifa.

Duden. 2007. Duden Deutsches Universal Wörterbuch. Mannheim: Dudenverlag.

Fisher., B. Aubrey, 2007, Interpersonal Communication: Pragmatics of Human Relation 2 nd ed., McGraw-Hill

Gagne, RM, Briggs, LJ, & Taruhan, WW. 1992. Principles of instructional design. (Prinsip-prinsip desain instruksional). Fort Worth: Harcourt Brace Jovanovich.Fort Worth: Harcourt Brace Jovanovich.

Gagne M, Robert. Marcy Parkins Driscoll. 1989. Essentials of learning for Instructional. Florida: State University.

Joyce Bruce. Et al. 2000. Models of Teaching. London: allyn Bacon

Keraf, Geroys. 2000. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Mulyana, Deddy. 2000. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rahmat, Jalaluddin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rastuti, M.G Hesti Puji. 2009. Ragam Kata Bahasa Indonesia. Surabaya: Jepe Press Media Utama.

Scholl, Stefani. 2007. Führt der Einsatz der Wörtscahtzleiste im Sprachunterricht. Norderstedt. Germany: GRIN Verlag.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. 1974. Introductional Development for Training Teachers of Expectation Children. USA.

Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT. Pustaka Karya.

Pateda, Mansoer. 1995. Kosakata dan Pengajarannya. Ende-Flores, Nusa Indah.

Rahman. 2002. Korelasi antara Penguasaan kosakata Bahasa Jerman dengan Kemampuan Berbicara Siswa SMA Negeri 5 Makassar. Skripsi. UNM.

Rastuti, M.G Hesti Puji. 2009. Ragam Kata Bahasa Indonesia. Surabaya: Jepe Press Media Utama.

Rengur, Santi. 2004. Peningkatan Penguasan Kosakata Bahasa Jerman dengan menggunakan Media Kartu Kata bagi Siswa SMA Negeri 2 Takalar. Skripsi. UNM.

Saud, Syukur dan Misnawaty Usman. 2004. Komunikasi Instruksional dalam Pengajaran Bahasa Jerman Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Asing/Jerman FBS UNM. Laporan Penelitian. Dikti.

Septira, Andi. 2012. Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Keterampilan Menyimak Bahasa Jerman Siswa SMA Negeri 8 Makassar. Skripsi. FBS-UNM.

Slavin, R.E. 2000. Educational Psychology, Theory and Practice. United State of America: Allyn & Bacon.

Tarigan, H.G. 2011. Pengajaran Kosakata (Edisi Revisi). Bandung: Angkasa.

Usman, Misnawaty. 2002. Perbandingan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Bahasa Jerman FBS UNM yang diajar dengan menggunakan Metode Komunikatif dengan Metode Tradisional dalam Konteks Komunikasi Instruksional. Tesis. UNPAD Bandung.

Werner J. Severin dan James Tankard. 2002. Comm unication Theories: Or igins, Method, and Uses in teh Mass Media. New York: Longman.

Zacharis, John C dan Coleman C. Bender. 2006. Speech Communication: A Rational Approach. New York : John Wiley & Sons.


Article Metrics

Abstract view : 1627 times | PDF view : 575 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

Eralingua has been indexed by: