KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING DALAM KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 7 BULUKUMBA

Harianto Harianto(1*), Ambo Dalle(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v2i1.5626

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalahuntuk memperoleh data dan informasi mengenai keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dalam keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Bulukumba. Penelitian ini merupakan jenis quasi experiment. Pengumpulan datanya melalui tes keterampilan berbicara. Data dianalisis dengan uji-t. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7Bulukumba yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 102 siswa. Teknik Sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Jumlah sampel adalah 50 siswa. XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 siswa dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 26 siswa. Hasil analisis data menggunakana uji-t menunjukkan bahwa t-hitung (3,85)> t-tabel2,011 pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran tipeBamboo Dancing efektif dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa kelas XI IPA SMA Negeri 7 Bulukumba

Full Text:

PDF

References


Jufri, J. 2007. Metode Penelitian Bahasa. Sastra dan Budaya

Jufri, J., 2017. Strategi Pembelajaran Bahasa.

Juwita. 2015. Keefektifan Media Puzzle Picture Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMAN 11 Makassar. Makassar: Skripsi FBS UNM.

Mantasiah, R., Juffri, J., & Yusri, Y. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Jaring Laba-Laba (Webbed) dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman. INSANI, 20(2).

Purwati, Ari. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Bamboo Dancing Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pkn Siswa Smp N 5 Sleman Yogyakarta.Yogyakarta: SkripsiFakultas Ilmu Sosial UNY.

Qalbi, U. N., Mantasiah, R., Jufri, J., & Yusri, Y. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments dalam Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. INSANI, 20(1).

Romadloni, A., & Mantasiah, R. Intercultural approach in foreign language learning to improve students’ motivation. Senior Editors, 61.

Suprihatiningrum, Jamil. 2012. Strategi pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Tahang, Hidayat. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-op Co-op dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Pinrang. Makassar : Skripsi FBS UNM.

Yunie, Y. 2014. Model Pembelajaran Dengan Pendekatan Psikoanalisis Melalui Metode Aversion Therapy & Home Work. Bandung Barat: Alfabeta.

Yusri, Y., Mantasiah, R., & Jufri, J. 2018. The Use Of Two Stay Two Stray Model in English Teaching to Increase Student’s Learning Outcome. Journal Of Advanced English Studies, 1(1), 39-43.


Article Metrics

Abstract view : 661 times | PDF view : 299 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

Eralingua has been indexed by: