KEMAMPUAN MENULIS KARYA SASTRA BERBAHASA JERMAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN FBS UNM (KAJIAN STRUKTURAL)

Burhanuddin Burhanuddin(1*), Susiawati Susiawati(2), Ernawati Ernawati(3),

(1) universitas negeri makassar
(2) universitas negeri makassar
(3) universitas negeri makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4407

Abstract


Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis cerita pendek bahasa Jerman mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman. Populasi dalam penelitian ini ialah cerita pendek yang ditulis oleh mahasiswa. Penelitian ini melibatkan 2 kelas, kelas A yang terdiri dari 31 siswa, dan kelas B yang terdiri atas 24 siswa. Analisis data dalam penelitian ini yakni analisis struktural  untuk mendeskripsikan strktur atau elemen internal dari cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dlaam menulis cerita pendek berada pada kategori baik.


Full Text:

PDF

References


Brannen, Julia. 2002. Memadu Metode Penelitian. Kualitatif & Kuantitatif. Samarinda: Pusaka Pelajar

Budianta, Melani. Ida Sundari Husen. Manekke Budiman & Ibnu Wahyudi. 2008. Membaca Sastra. Pengantar Memahami Sastra untuk Perguruan Tinggi. Jogja: Indonesiatera

Duden. 2000. Basiswissen Schule. Literatur. Berlin: Paetec

Ernawati. 2009. Kemampuan Menulis Puisi dalam Bahasa Jerman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman. Kajian Analisis Isi. Makassar: Skripsi

Ernawati. 2011. Makna Merpati dalam Novel Die Taube Karya Patrick Süskind. Kajian Psikoanalisis. Depok. Tesis

Kompak, Abiwissen. 2008. Deutsch. Prosa/Drama/Lyrik. Stuttgart: Ernst Klett Verlag

Kridalaksana, Harimukti. 2005. Mongin-Fedinand de Saussure. Peletak Dasar Strukturalisme dan Linguistik Modern. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Masrurih. 2009. Pemebelajaran Menulis Cerita Pendek dengan Metode Copy the Master pada Siswa Madrasah

Tsanawiyah Al Huda Di Malang Jawa Timur. Depok. Tesis

Muakhir, Ali. 2008. Fun Writing. Panduan Menulis utuk Anak-anak. Jakarta: Sarana Bobo

Nurgiantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogayakarta: Gadjah Mada University Press

Pradopo, Rahmat Djoko. 2002. Kritik Sastra Indonesia Modern. Yogyakarta. Gama Media

Rosalina, Praeska Andre. 2014. Keefektifan Metode Estafet Writing dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas XII di SMA Negerei I Sedayu bantul. Yogyakarta: Skripsi

Tatag P, Agustinus Dimas. 2014. Analisis Strukturalisme dalam Cerita Pendek “die Postkarte” karya Heinrich Böll. Universitas Negeri Yogyakarta: Skripsi

Zaimar, Okke K S. 2008. Semiotik dan Penerapannya dalam Karya Sastra. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional


Article Metrics

Abstract view : 811 times | PDF view : 145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

Eralingua has been indexed by: