KEMAMPUAN MENULIS KARYA SASTRA BERBAHASA JERMAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN FBS UNM (KAJIAN STRUKTURAL)
(1) universitas negeri makassar
(2) universitas negeri makassar
(3) universitas negeri makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4407
Abstract
Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis cerita pendek bahasa Jerman mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jerman. Populasi dalam penelitian ini ialah cerita pendek yang ditulis oleh mahasiswa. Penelitian ini melibatkan 2 kelas, kelas A yang terdiri dari 31 siswa, dan kelas B yang terdiri atas 24 siswa. Analisis data dalam penelitian ini yakni analisis struktural untuk mendeskripsikan strktur atau elemen internal dari cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dlaam menulis cerita pendek berada pada kategori baik.
Full Text:
PDFReferences
Brannen, Julia. 2002. Memadu Metode Penelitian. Kualitatif & Kuantitatif. Samarinda: Pusaka Pelajar
Budianta, Melani. Ida Sundari Husen. Manekke Budiman & Ibnu Wahyudi. 2008. Membaca Sastra. Pengantar Memahami Sastra untuk Perguruan Tinggi. Jogja: Indonesiatera
Duden. 2000. Basiswissen Schule. Literatur. Berlin: Paetec
Ernawati. 2009. Kemampuan Menulis Puisi dalam Bahasa Jerman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman. Kajian Analisis Isi. Makassar: Skripsi
Ernawati. 2011. Makna Merpati dalam Novel Die Taube Karya Patrick Süskind. Kajian Psikoanalisis. Depok. Tesis
Kompak, Abiwissen. 2008. Deutsch. Prosa/Drama/Lyrik. Stuttgart: Ernst Klett Verlag
Kridalaksana, Harimukti. 2005. Mongin-Fedinand de Saussure. Peletak Dasar Strukturalisme dan Linguistik Modern. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Masrurih. 2009. Pemebelajaran Menulis Cerita Pendek dengan Metode Copy the Master pada Siswa Madrasah
Tsanawiyah Al Huda Di Malang Jawa Timur. Depok. Tesis
Muakhir, Ali. 2008. Fun Writing. Panduan Menulis utuk Anak-anak. Jakarta: Sarana Bobo
Nurgiantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogayakarta: Gadjah Mada University Press
Pradopo, Rahmat Djoko. 2002. Kritik Sastra Indonesia Modern. Yogyakarta. Gama Media
Rosalina, Praeska Andre. 2014. Keefektifan Metode Estafet Writing dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Peserta Didik Kelas XII di SMA Negerei I Sedayu bantul. Yogyakarta: Skripsi
Tatag P, Agustinus Dimas. 2014. Analisis Strukturalisme dalam Cerita Pendek “die Postkarte” karya Heinrich Böll. Universitas Negeri Yogyakarta: Skripsi
Zaimar, Okke K S. 2008. Semiotik dan Penerapannya dalam Karya Sastra. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional
Article Metrics
Abstract view : 811 times | PDF view : 145 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Eralingua has been indexed by: