PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KEMAMPUAN MENYIMAK BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SMAN 11 MAKASSAR

Agnes Rapi Pabumbun(1*), Ambo Dalle(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4403

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan masalah-masalah pembelajaran kemampuan menyimak bahasa Jerman siswa kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara terhadap guru dan menyebarkan angket kepada siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 11 Makassar, yang terdiri dari siswa 33 siswa. Wawancara dilakukan dengan dua guru. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu masalah-masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran meliputi masalah internal dan eksternal. Masalah internal meliputi penguasaan aspek kebahasaan lainnya, minat, persepsi, fisik, dan psikologis sedangkan faktor eksternal meliputi Lingkungan, guru, bahan ajar, sarana dan prasarana.


Full Text:

PDF

References


Bakri, Andi Hariyana. 2001. Kendala Pengajaran Sastra Indonesia di SMP Negeri 1 Pammana Kabupaten Wajo”. Skripsi. Makassar: FBS Universitas Negeri Makassar.

Brown, H. Doulas. 2001. Teaching by Principles An Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Longman.

Farhan, ahmad sudaryanto. 2013. Analisis Kesulitan Menyimak Mahasiswa Semester 2 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang. Skripsi: universitas negeri semarang.

Fitriana, Milkha. 2013. Upaya Peningkatan Kemampuan Menyimak Bahasa Jerman Kelas XII IPA SMA Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013 Melalui Media Audio dan Audio Visual. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Ghufron, Muhammad Fuad. 2014. Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab terhadap Tuna netra di “Sekolah Inklusi” Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Maguwoharjo Depok Sleman Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta :Universitas Negeri Islam Kalijaga Yogyakarta.

Haling, dkk. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar :Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Hidayat, Fahmi. 2012. Kemampuan Menyimak (Hören)Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Malang. Skripsi. Malang: Universitas Negeri Malang

Kushartanti. 2005. Pesona Bahasa. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Marlina, Sandra Dewi. 2007. Penggunaan Media Bonek Kaos Kaki dalam Pembelajaran Menyimak Dongeng. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Nurmiati, N., & Mantasiah, R. 2017. Keefektifan Penggunaan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer-Teaching) Dalam Kemampuan Membaca Memahami Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(1).

Purwandidan Suwandono. 2000. Menyimak Bahasa Indonesia. Surakarta :Universitas Sebelas Maret.

Satkauskait, Danguol. 2010. Zur Fertigkeit des Hörverstehens im DaF-Unterricht und bei der Vermittlung der Dolmetschkompetenzen. Kalbu Studijos.

Soekamto, soerjono. 2005. Perspektif Teoritis Studi Hukum dalam Masyarakat.Jakarta: Rajawali press.

Subyantoro dan Bambang Hartono. 2003. Pengembangan Kemampuan Berbahasa Pembelajaran Keterampilan Mendengarkan, Berbicara, Membaca, dan Menulis. Makalah Disampaikan pada PelatihanTerintegrasi Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi Tahun 2003.

Sudrajat, Akhmad. 2009. Tujuan Pembelajaran Sebagai Komponen Penting dalam Pembelajaran. Jakarta.

Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung :Angkasa.

Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Article Metrics

Abstract view : 3358 times | PDF view : 934 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

Eralingua has been indexed by: