KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE DALAM KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 MAKASSAR

Sudarmi Sudarmi(1*), Burhanuddin Burhanuddin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i1.2991

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi mengenai keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe scramble dalam keterampilan menulis kalimat bahasa Jerman siswa kelas XI SMA Negeri 11 Makassar. Jenis penelitian ini adalah True experimental design. Data dianalisis  dengan  statistik inferensial. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling.  Hasil analisis data yang diperoleh melalui uji-t adalah thitung (11,24) > ttabel(2,002) pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model ini efektif dalam meningkatkan  keterampilan menulis kalimat bahasa Jerman siswa

Full Text:

PDF

References


Alfrida. 2014. Keefektivan model pembelajaran kooperatif Scramble terhadap penguasaan Strukturen dalam keterampilan menulis kalimat bahasa Jerman siswa kelas XII SMA Negeri 2 Rantepao Kabupaten Toraja Utara. Skripsi: UNM FBS Makassar

Arifin, E. Zaenal dan Tasai, S. Amran. 2010. Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi.Jakarta : Akademi Pressindo.

Artini, A. dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus Kapten Kampiong Sujana.E-Journal PGSD Vol: 2 No: 1. Universitas Pendidikan Ganesha. Diakses Pada Tanggal 14 April 2014..

Efendi, Andriani. 2011. Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas X SMAN 1 Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Skripsi: UNM FBS Makassar

Fitriani, Ramadhani. 2010. Kemampuan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMAN 5 Makassar. Skripsi: UNM FBS Makassar.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Supardi. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Smart.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tangkilisan, Hessel Nogi S. 2005. Manajemen Publik. Jakarta: Grasindo.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Article Metrics

Abstract view : 857 times | PDF view : 808 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Flag Counter

 

Eralingua has been indexed by: