KONTRIBUSI DAYA LEDAK TUNGKAI DAN KELENTUKAN TERHADAP KEMAMPUAN SEPAK SILA DALAM PERMAINAN SEPAKTAKRAW SISWA SMP NEGERI 8 MAKASSAR

. Ricardo V. Latuheru(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/com.v2i2.648

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi daya ledak tungkai dan kelentukan dengan kemampuan sepaksila dalam permainan sepaktakraw. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 8 Makassar dengan jumlah sampel penelitian 40 orang putra yang dipilih secara random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasi dan regresi dengan menggunakan sistem SPSS Versi 15.00 pada taraf signifikan 95% atau  a 0,05. Bertolak dari hasil  analisis data, maka penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Ada kontribusi daya ledak tungkai dengan kemampuan sepaksila dalam permainan sepaktakraw, sebesar 46.8%; (2) Ada kontribusi kelentukan dengan kemampuan sepaksila dalam permainan sepaktakraw, sebesar 58.8%; dan (3) Ada kontribusi antara daya ledak tungkai dan kelentukan dengan kemampuan sepaksila dalam permainan sepaktakraw, sebesar 58.8%.

Kata Kunci : Daya Ledak Tungkai, Kelentukan, Sepaksila Sepaktakraw

ABSTRACT

This study aimed to determine the relationship of explosive leg power and flexibility with the ability sepaktakraw sepaksila in the game. This research includes descriptive research. The study population was all students of SMP Negeri 8 Makassar with sample number 40 boys randomly selected sampling. The data analysis technique used is the correlation and regression analysis techniques using SPSS system version 15:00 on 95% significance level or a 0.05. Departing from the results of the data analysis, the study concluded that: (1) There is a contribution of explosive power in the legs with the ability sepaksila sepaktakraw game, at 46.8%, (2) There is flexibility with the ability to contribute in a game sepaksila sepaktakraw, at 58.8%, and (3) There is a contribution between explosive leg power and flexibility with the ability sepaktakraw sepaksila in the game, at 58.8%.

Keywords : Leg Explosive Power, Flexibility, Sepaksila Sepaktakraw


Article Metrics

Abstract view : 160 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



COMPETITOR IS LICENSED BY :

 Creative Commons License COMPETITOR is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


COMPETITOR EDITORIAL LOCATION :

 width= Kampus FIK Banta Bantaeng, Jalan Wijaya Kusuma Nomor 14, Rappocini, Makassar, Postal Code 90222


COMPETITOR IS INDEXED BY