Pengaruh Pemberian Tugas Awal dalam Pembelajaran Ekspositori terhadap Hasil Belajar Siswa SMAN 11 Makassar (Materi Pokok Kesetimbangan Kimia)

Nurfadzillah Nurfadzillah(1*), Muhammad Danial(2), Army Auliah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v19i1.6658

Abstract


ABSTRAK

Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas awal dalam pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar siswa. Populasinya adalah kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar Tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 7 Kelas. Pengambilan sampel melalui teknik random sehingga diperoleh kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing siswa yang dijadikan sampel adalah 32 orang. Variabel bebasnya adalah pemberian tugas awal dalam pembelajaran ekspositori pada kelas eksperimen dan pembelajaran ekspositori pada kelas kontrol, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa yang dianalisis dengan Statistik Deskriptif dan Statistik Inferensial dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil analisis Deskriptif menunjukkan perolehan nilai rata-rata post-test untuk kelas eksperimen sebesar 67,63 sedangkan kelas kontrol 57,32. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai signifikansi sebesar p= 0,046 < α = 0,05 yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Pemberian Tugas Awal dalam Pembelajaran Ekspositori berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makassar pada materi kesetimbangan kimia.

Kata Kunci: Tugas Awal, Ekspositori, Hasil Belajar

 

 

ABSTRACT

This research was an experimental research which aimed to discover the influence of pre-task in expository learning to students’ learning achievement of Kelas XI IPA in SMA Negeri 11 Makassar, Academic Year of 2015/2016. There are 6 classes of Kelas XI IPA in SMA Negeri 11 Makassar. This research used simple random sampling, where Kelas XI IPA 1 as the experimental class and Kelas XI IPA 2 as the control class. Each class contains of 32 students. The independent variable is pre-task in expository learning for the experimental class, and expository learning for the control class. The dependent variable is students’ leraning achievement. The data collection was obtained by the descriptive statistical and inferential statistical analysis of students’ test result using SPSS analysis version 20. The result of descriptive statistical analysis showed the mean score of post-test in experimental class was 67,63 and 57,32 in control class. For the result of inferential statistical analysis showed significance value of p= 0,046 < α = 0,05 which means H0(null hypothesis) was rejected and H1 (alternative hypothesis) was accepted. It is concluded that pre-task in learning expository has positive influence to students’ learning achievement of Kelas XI IPA in SMA Negeri 11 Makassar.

Key word: Pre-Task, Expository Learning, Learning Achievement


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 338 times | PDF view : 204 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id