Perbandingan Hasil Belajar antara Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Model Pembelajaran Langsung pada Kelas XI IPA SMAN 1 Ulaweng (Studi pada Materi Pokok Larutan Penyangga)

Heril Hidayat(1*), Taty Sulastri(2), Maryono Maryono(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v19i1.6639

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran langsung. Berdasarkan analisis deskriptif hasil posttest yang diberikan pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2, diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen 1 sebesar 78.60 dan skor rata-rata kelas eksperimen 2 sebesar 70,57. Kriteria ketuntasan hasil belajar pada kelas eksperimen 1 lebih banyak dengan persentase sebesar 64,29% dengan standar deviasi (SD) yaitu 7,33 sedangkan kelas eksperimen 2 dengan persentase sebesar 39,29% dengan nilai standar deviasi (SD) 8,95. Hasil penelitian ini diuji dengan menggunakan uji-t. Kriteria pengujian hipotesis yang digunakan yaitu terima H0 jika –ttabel  < thitung < +ttabel, Dari hasil perhitungan diperoleh thitung  = 3,75, ttabel = 2,014 maka -2,014 < 3,75 > +2,014 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan pengujian hipotesis ditarik kesimpulan terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis proyek (kelas eksperimen 1)  dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung (kelas eksperimen 2).

Kata Kunci: Berbasis Proyek, Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar

 

 

ABSTRACT

This research is a quasi-experimental that aims to compare the learning outcomes of students who were taught by  project-based learning model and direct learning model. Based on the descriptive analysis the results of post test is given for the first experimental class  and the second class  experiments, obtained an average score of 78,60 for the first experimental class  and the average score of the second experimental class  at 70,57. Completeness criteria learning outcomes in the first experimental class with a percentage of 64,29% with standar deviasi (SD) is 7,33, while the second experimental class  with a percentage =39,29% with standar deviasi (SD) 8,95. Results of this study were tested using t-test. From the calculation results obtained tcount  = 3,75, ttable = 2,014 so -2,014 < 3,75> +2,014 then H0 is rejected and H1 accepted. Thus, the conclusion there is a difference between the learning outcomes of students who were taught with project-based learning model (the first experimental class) and learners taught by direct learning model (the second experimental class).

Keywords: Project-Based, Direct Teaching, Learning Outcomes

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 285 times | PDF view : 132 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id