Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia Kelas X 1 SMA Negeri 3 Watampone

Sitti Nurpaidah(1*),

(1) SMA Negeri 3 Watampone
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v19i1.6635

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran tipe numbered heads together (NHT) untuk mengetahui  aktivitas belajar siswa pada materi ikatan kimia siswa Kelas X 1 SMA Negeri 3 Watampone. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus dilakukan sebanyak empat kali pertemuan termasuk tes setiap akhir siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi terhadap aktifitas siswa setiap akhir siklus di kelas tersebut dan catatan lapangan selama tindakan pembelajaran berlangsung. Dalam penelitian ini terlihat jelas bagaimana perubahan aktivitas siswa ketika pembelajaran berlangsung yaitu: (1) Siswa yang hadir selama siklus I mencapai 95% dan pada siklus II ada peningkatan menjadi 100%. (2) Siswa yang memperhatikan dan mencatat pelajaran mencapai 73,33% dan pada siklus II mencapai 96,67%. (3) Siswa yang aktif dalam diskusi kelompok pada siklus I dan siklus II sama-sama mencapai 100%, (4) Siswa yang bertanya tentang materi bahan ajar yang kurang jelas pada siklus I mencapai 8,34% dan pada siklus II mencapai 0%, (5) Siswa yang aktif dalam pemecahan masalah pada siklus I mencapai 40% dan pada siklus II mencapai 45%. (6) Siswa yang menjelaskan hasil diskusi kelompok di papan tulis mencapai 31,67% dan pada siklus II mencapai 53,33%.

Kata Kunci : NHT, Aktivitas belajar, Ikatan kimia


ABSTRACT

This study aims to apply the Numbered Heads Together (NHT) learning method  to determine student learning activities in the material of chemical bond of Class X 1 students of SMA 3 Watampone.This study was conducted in 2 cycles and each cycle is done as much four meetings including tests at each end of the cycle. Data collection is done by observation techniques to student activities and evaluation of learning outcomes at each end of the cycle in the class and field notes during the learning action. In this study it is clear how changes in student activity when learning takes place are: (1) Students who present during the cycle of the I reached 95% and a cycle II no increase in a 100%. (2) Students noticed and record the lessons achieve 73,33% and  at the cycle II achieve 96,67%. (3) Students active in the group discussions on cycle I and cycle II same the same reach 100%. (4) Students who asked about the material teaching materials less clear on cycle I achieve 8,34% and at the cycle II reach 0%. (5) Students active in resolution on cycle I reach 40% and at the cycle II reach 45%. (60 students who describes the results discussion groups in the board achieve 31,67% and at the cycle achieve 53,33%.

Keywords: NHT, Learning activity, Chemical bonding

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 665 times | PDF view : 205 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN: 2722-8649

Diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Makassar (UNM) dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember.

Alamat Redaksi :Jurusan Kimia, Fakultas MIPA UNM, JL. Dg. Tata Parangtambung, Makassar 90224 Indonesia, Telp. 0411-840295; Fax: 0411840295;E-mail : chemica@unm.ac.id