Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Kelas XI SMA Negeri 10 Bulukumba
Nur Aida
(1*), Yusminah Hala
(2), Muhammad Danial
(3),
(1) SMA Negeri 10 Bulukumba
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI:
https://doi.org/10.35580/bionature.v17i2.2841
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada pengembangan perangkat pembelajaran model 4D. Pengumpulan data dilakukan sebagaimana tahapan pengembangan perangkat pembelajaran model 4D yaitu Define adalah melakukan investigasi awal, Design adalah mendesain perangkat pembelajaran dan instrument penelitian, Develop adalah melakukan validasi dan revisi perangkat pembeljaran serta Disseminate adalah melakukan sosialisasi hasil pengembangan perangkat pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini adalah (i) Pengembangan perangakat pembelajaran berbasis inkuiri pada materi sistem ekskresi dilakukan dengan empat tahapan utama yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). (ii) Perangkat pembelajaran biologi berbasis inkuiri pada materi sistem ekskresi yang dikembangkan terdiri atas RPP, BPD, LKPD, dan THB. Hasil validasi dan uji coba menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran tersebut memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan keefektifan.
Kata kunci: Perangkat Pembelajaran Biologi, dan Berbasis Inkuiri.
Article Metrics
Abstract
view : 569 times |
PDF view :
1057 times
Refbacks
Copyright (c) 2017 bionature
Published By:
Jurusan Biologi
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Makasar
Contact Person
Team Jurnal Bionature
Biology Department, Mathematics and Science Faculty
Universitas Negeri Makassar
Jl. Daeng Tata Raya, Parang Tambung, 90224 Makassar, Indonesia
Hp: +6288804746717
email: bionature@unm.ac.id
Website: https://ojs.unm.ac.id/bionature
Journal Bionature is licensed under a Creative Commons Attribution- NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.